2016, Pulau Tilan Mulai di Kembangkan

Image
Saturday, 17 October 2015 | 01:15:29 WIB 1026

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) berencana akan mengembangkan Pulau Tilan pada tahun 2016 mendatang. Pulau Tilan yang terletak di Rantau Bais, kecamatan Tanah Putih Sedinginan itu diyakini memiliki petensi Wisata yang memukau yang mampu mendatangkan Wisatawan dari berbagai manca negara.

"Saya sudah dua kali datang kepulau tilan ini , pemandangan dan keasrian pulau ini memang sangat cocok dikembangkan secara serius sebagai tempat objek wisata. Selain tempatnya unik juga pemandangannya sangat indah sekali.  Untuk itu kita telah berencana pada tahun 2016 mendatang pulau ini sudah mulai dibangun dan dikembangkan sebagai salah satu tempat objek wisata Rohil, "kata Plt Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, saat melakukan peninjauan Pulau tilan,Rabu (14/10) sore kemaren.

Menurut Surya Arfan, Pemkab Rohil telah membangun beberapa gazebo (tempat istrahat) dipulau tilan itu. Namun kondisinya memprihatinkan dan kurang terawat dengan baik. Menariknya disekitar pulau itu ada Pemandangan yang indah yang dimanfaatkan masyrakat setempat untuk beternak sapi. Selain itu, pulau tilan juga memiliki pohon kayu 'Leban' yang sudah berumur ratusan tahun, Pohon itu dipasang tangga oleh masyrakat setempat untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

pemkab Rohil berencana akan membangun jembatan gantung agar akses menuju kepulau itu bisa cepat dan masyrakat bisa melihat pemandangan dari ketinggian. "saat ini kita sedang pikirkan bagaimana pulau itu bisa dibangun jembatan gantung, untuk itu kita minta kepada instansi terkait dalam hal ini Dinas Bina Marga dan pengairan (DBMP) , Distanak, dan Disparpora untuk membuat program mengembangkan Pulau Tilan tersebut, "pinta Surya Arfan.

Menurutnya, Jembatan Gantung itu akan dibangun lebih kurang panjangnya 100 Meter. Jika hal ini bisa terwujud maka sangat diyakini pulau tilan itu mampu mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah dan manca negara. Dengan begitu tentunya daerah akan berkembang  dan Pendapatan Asil Daerah (PAD) disektor kepariwisataan akan meningkat, "pungkasnya. (***)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...