Kabut Asap Kembali Selimuti Rohil, Pemkab Bagikan Masker kepada Siswa

Image
Thursday, 22 October 2015 | 00:15:45 WIB 1325

BAGANSIAPIAPI - Tiga hari terakhir kabut asap dampak dari bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali selimuti kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Akibatnya, Aktifitas masyakat terganggu dan Jam pulang siswa dipercepat dari biasanya. Untuk menimalisir kemungkinan dari serangan berbagai penyakit, pemkab Rohil bersama perusahaan turut ambil bagian untuk membagikan Ribuan Masker kepada pelajar sebagai upaya pencegahan.

"Hari ini kita membagikan sebanyak 2000 masker untuk pelajar SMAN 1 bangko, Bantuan masker ini diberikan oleh PT RUJ. Kita berharap perusahaan lainnya juga bisa memberikan kontribusi serta termotivasi untuk membuat gerakan yang sama dalam membantu mangatasi berbagai penyakit yang disebabkan dari kabut asap tersebut, "Demikian disampaikan Plt Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi saat membagikan Masker kepada ribuan siswa SMAN 1 Bangko, Rabu (21/10).

Surya Arfan juga meminta kepada 15 Pusat Kesehatan Masyrakat (Puskesmas) dirohil untuk turun kelapangan memantau kondisi kesehatan siswa serta melakukan pembagian masker secara langsung. "kita lihat dipekanbaru dan kota besar yang ada diindonesia akibat dampak kabut asap dalam dua hari terakhir tidak ada penerbangan serta siswa sebagian diliburkan, untuk itu kita minta puskesmas yang ada untuk segera turun kelapangan untuk mengecek kesehatan siswa, " tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil, H Azhar SE Msi mengatakan, Kabut asap yang menyelimuti Wilayah Rokan Hilir merupakan kabut kiriman melalui hembusan angin dari kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Indragiri Hilir (Inhil) Kepulauan Meranti, dan Propinsi Sumsel. "kita tegaskan sudah dua pekan terakhir rohil nihil titik panas dan asap ini adalah asap kiriman, "kata Azhar.

Dijelaskan Azhar, Masker bantuan dari Propinsi Riau sebanyak 5000 keping, dan Dari Diskes rohil sebanyak 20 ribu keping saat ini masih dalam perjalanan kerohil. "mudah-mudahan malam ini masker itu sampai kerohil dan kita siap mambagikannya kepada siswa maupun masyrakat, "terang Azhar.

Pembagian Masker itu turun dihadiri Asisten II Bidang Ekbang, H Hasrial SE Msi, Asisten III Bidang Kesra, H Ali Asfar S Sos Msi, Kadis Kehutanan Rohil, Rahmatul Zamri, Kadiskes Rohil, Dr HM Junaidi Saleh Mkes, Direktur RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi, Dr Tri Buana Tunggal Dwi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil, H Azhar SE Msi, Sekretaris BPBD Rohil, Ir H Nahrowi, dan Utusan dari PT RUJ. (***)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
Riau

Gaza Bantu Riau

2 tahun yang lalu 1043
Post

2016, Pulau Tilan Mulai di Kembangkan

2 tahun yang lalu 1025