Perayaan HUT Dewa Kiu Hong Tai Tei di Bagansiapiapi Semarak

Image
Sunday, 25 October 2015 | 00:15:50 WIB 829

Bagansiapi-api- Puncak perayaan HUT Dewa Kiu Hong Tai Tei berlangsung meriah. Meski diselimuti kabut asap, tamu dari berbagai daerah tetap memadati Kota Bagansiapiapi. Puncak peringatan dilakukan, Rabu (21/10) malam, masyarakat Tionghoa melaksanakan sembahyang Kiu Hong Tai Tei bersamaan di Hun Bu San Tao Bu King (Vihara Kirti) dan Tao Bu King Ling San Shi.

Perayaan ini berlangsung selama sembilan hari, mulai 13 sampai malam puncaknya. Seluruh yang melaksanakan sembahyang tidak boleh makan daging dan hanya vegetarian untuk menghormati keagungan Kiu Hong Tai Tei.

"Pada puncak acara perayaan ini masyarakat yang berada di Panipahan, Pulau Halang, Sinaboi dan sekitar Bagansiapiapi berdatangan untuk Sembahyang Mengantar Dewa Kiu Hong Tai Tei sehingga asrama Vihara Kirti yang baru kita resmi kemarin dipenuh orang-orang yang ingin mengikuti acara ini," terang Ketua Vihara Kirti, Husni yang akrab dipanggil Oliong Hui.

Pantauan wartawan di lapangan, masyarakat memadati dari area pelataran vihara sampai ke Jalan Pahlawan. Arak-arakan diikuti kesenian Barongsai Vihara Sakyamuni, dimulai dari arah Jalan Pahlawan menuju Jalan Sumatera, Perdagangan dan Jalan Kelenteng dimana puncak acara dipusatkan di depan Kelenteng Ing Hok King.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, para donatur, bagian pengamanan dan seluruh panitia yang bekerjasama dalam menyukseskan acara ini," ujar  Oliong Hui didampingi Sekretaris Panitia Sumi.

"Tahun ini lebih semarak, hal ini terlihat antusias masyarakat pada puncak acara ini dengan tangan membawa hio mengikuti sembahyang mengantar Dewa Kiu Hong Tai Tei," tambah Sumi, Sekretaris panitia acara ini.

Sumi turut mendoakan semoga Kiu Hong Tai Tei memberkati dan melindungi seluruh masyarakat serta diberikan kesehatan dan kemudahan rejeki. (fr/hms/van)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...