Surau TV

Banner

Tauladani Perjuangan dan Pengorbanan Pahlawan

Image
Tuesday, 10 November 2015 | 18:30:55 WIB


PEKANBARU - Perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan yang kita rasakan saat ini hasilnya, hendaknya bisa dijadikan tauladan oleh kita semua. Kita harus bisa mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Sosial RI Hj Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pelaksana Tugas (plt) Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman saat upacara Hari Pahlawan 10 Nopember 2015, Selasa dihalaman kantor gubernur Riau.

"Juga sebagai momenfum dalam rangka menumbuh-kembangkan nilai-nilai persafuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, nilai kepahlawanan sejatinya tidak akn pernah usang atau lekang dimakan jaman karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan zaman.

Untuk itu penyelenggaraan peringatan Hari Pahlawan sela menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Selain itu, juga sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang untuk mewujudkan kemerdekaan dan menjaga tetap utuhnya negara kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

"Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang," sambungnya. (dpr/rls)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...