Banjir Mulai Ancam Rohil, Pemkab Lakukan Normalisasi

Wednesday, 18 November 2015 | 23:35:33 WIB 1065

BAGANSIAPIAPI - Bencana Banjir saat ini sudah mulai mengancam Kabupaten Rokan Hilir, hal ini dikarenakan guyuran hujan lebat yang sudah membuat beberapa jalan dipusat ibukota kabupaten Rohil sudah digenangi air. Salah satu jalan yang sudah digenangi air adalah jalan utama menuju pelabuhan nelayan, jalan itu selain berkuah juga sulit dilalui oleh Tranportasi karena ditumbuhi lobang.

Kondisi jalan utama menuju kepelabuhan nelayan itu saat ini kondisinya cukup memprihatinkan. Setiap yang melintasi jalan itu kendaraannya sering mati karena Busi maupun Knalpot kendaraannya dimasuki air, ironisnya para pelajar yang pergi pulang sekolah banyak yang terjatuh saat melintasi jalan tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) mengaku telah melakukan normalisasi saluran pembuangan air untuk mengantisifasi genangan air sekaligus mengantisifasi terjadinya banjir besar. "kita telah antisifasi musim hujan tahun ini jauh-jauh hari sebelumnya dengan melakukan normalisasi, sehingga jika hujan turun tidak terjadi banjir, "kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, rabu (18/11) di Bagansiapiapi.

Menurut Bupati, daerah yang dianggap rawan terjadinya kebanjiran seperti jalan madrasah. Dimana jalan itu sudah dibangun jalan aspal dengan ketebalan yang cukup tinggi, sehingga jika hujan turun tidak lagi dikwatirkan terjadinya banjir.

Daerah lain yang rawan banjir yakni jalan utama menuju kepelabuhan nelayan. Nah, kalau jalan ini memang airnya tersumbat dan dekat dengan aliran sungai. "kita telah membangun jalan itu namun terkikis air pasang surut yang membuat jalan itu cepat rusak, "katanya.

Agar jalan itu tetap terjaga dengan baik, maka pemkab pada tahun 2016 mendatang akan menganggarkan dana untuk biaya pemeliharaan jalan utama menuju kepelabuhan nelayan tersebut. "kita akan anggarkan biaya perawatan setiap jalan yang sudah dibangun, sehingga jalan tersebut tetap bisa terjaga dan terawat dengan baik, "janji Suyatno.

Lokasi lainnya yang rawan banjir yakni Jalan Siak, Jalan Bawal, jalan Bahagia, satria Tangko, kayangan yang juga menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Sejauh ini curah hujan masih dalam keadaan normal, sehingga untuk kota bagansiapiapi masih relatif aman dari bencana banjir. Namun, kita tetap juga waspada dengan melakukan pemantauan dan mengambil tindakan jika terjadi bencana banjir, "pungkasnya. (fr/rls)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...