Tekan Polusi Udara, BLH Pekanbaru Harus Segera Selenggarakan Uji Emisi Kendaraan

Image
Thursday, 19 November 2015 | 02:10:54 WIB 932

PEKANBARU - Kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang polutan terbesar di Pekanbaru. Selagi masih di bawah ambang efek polusi ringan dibandingkan dengan kota-kota besar, seperti Jakarta, Pekanbaru masih bisa teratasi dan terkondisi lebih dini.   Peran pemerintah kota Pekanbaru, dalam hal ini, Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota Pekanbaru memegang perangan penting dalam mengantisipasi lebih awal dengan menunjukkan indikator-indikator, agar kota Pekanbaru tidak terlanjur menjadi kota yang sarat dengan polusi udara.  

Adanya secara rutin, harus dilaksanakan kembali, uji emisi kendaraan secara berkala di beberapa jalan besar di Pekanbaru.  Pertimbangannya adalah, semakin banyak kendaraan di kota ini, harus semakin rutin menyelidiki dan berupaya mengatasi polusi udara.  Tidak ada jaminan usia kendaraan mempengaruhi kadar polutan, kendaraan baru jika tak dirawat juga bisa tidak lolos.

Gas berbahaya seperti karbon monoksida (CO), karbon dioksida (C)2), partikulat (PM10), timbal (Pb), oksida nitrogen (NOx), oksida belerang (SOx) disumbangkan oleh mesin kendaraan bermotor dalam proses pembakaran.

Jika kandungan unsur-unsur itu melebihi ambang baku mutu, maka sebuah kendaraan kita nyatakan tidak lolos, kemudian disarankan untuk servis. Lolos atau tidaknya kendaraan dipengaruhi oleh kualitas pembakaran mesin, yang dapat dimaksimalkan dengan perawatan yang memadai terhadap komponen mesin tersebut.
Kendaraan yang tidak lolos uji masih diberikan saran agar melakukan servis berkala, namun kedepan akan ada sanksi jika peraturannya sudah ada.

Dalam pelaksanaannya, uji emisi itu melibatkan sejumlah pihak, seperti BLH Provinsi, Pusat Pengendalian Ekoregion (PPE) Sumatera, Kepolisian, Dinas Perhubungan dan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) sebagai pendukung teknis.

Warga Pekanbaru juga mengharapkan agar uji emisi kendaraan di bulan Desember 2015, dapat dimotori kembali oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pekanbaru.  Semoga dapat dilaksanakan.  warga Pekanbaru mendukung program kerja ini.

(nusapos.com/Andra)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
Nasional

Indonesia Siap Menghadapi MEA 2016

2 tahun yang lalu 2915