Surau TV

Banner

Hampir Hilang, Jung Titis Akan Kembali Diperlombakan

Image
Tuesday, 24 November 2015 | 04:00:24 WIB


PULAU MERBAU - Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten Kepulauan Meranti, Zubiarsyah, mengatakan akan menggelar Festival Jung Titis (sampan layar) pada 29 November 2015 mendatang.

"Festival ini rencananya akan diikuti oleh 300 peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti," ujarnya, Minggu (22/11/2015).

Menurut Zubiarsyah, Festival ini digelar untuk melestarikan olahraga tradisional di Kabupaten Kepulauan Meranti. Ia berharap adanya iven tersebut bisa meningkatkan pengenalan masyarakat terhadap wisata bahari dan meningkatkan potensi ekonomi di kawasan pesisir.

"Rencananya acara ini akan digelar di Pantai Beting Beras, Desa Kuala Merbau Kecamatan Pulau Merbau, karena pantai itu kami anggap cocok untuk acara ini," kata Zubiarsyah.

Ia juga mengungkapkan, sejak dulu masyarakat Meranti memang sudah akrab dan mengenal jenis lomba kapal layar ini sejak tahun 1960, namun sejak tahun 1970 tradisi masyarakat pesisir ini tidak dilanjutkan lagi.

"Itu akibat gempuran kebudayaan asing dan modernisasi sehingga generasi muda menjadi kehilangan pijakan dalam kebudayaan atau olahraga tradisionalnya sendiri," ujarnya. (fr/rls)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...