Bisnis Ayam Organik: Ayam Organik AK Majukan Kesehatan Masyarakat Riau

Image
Friday, 27 November 2015 | 09:20:31 WIB 1273

PEKANBARU - Saat nusapos bertamu ke rumah pak Adriyanus di jl. Tiga Sari Tangkerang Selatan, Pekanbaru, Jum'at pagi, 27 November 2015, sedang mempersiapkan sup ayam organik buatan sendiri. Betul, beliau adalah peternak sekaligus pengusaha ayam organik di Pekanbaru.

Metode pengerjaan pada dasarnya sama dengan ayam potong biasa, namun ayam organik di tahap proses pembibitan dan pembesaran dari anak-anak ayam ke pertumbuhan lanjut, tidak divaksin, hanya diberi pakan jamu yang diramu oleh Adriyanus sendiri, dibantu oleh tim UD Rahayu, Usaha Daerah (UD) yang punya pengalaman dalam penanganan ayam organik mulai dari penyembelihan, pembersihan, serta pengemasan ayam organik.

Adriyanus sebagai pengelola UD Rahayu menuturkan, "Perbedaan antara ayam organik AK dengan ayam pedaging atau ayam potong biasa yang banyak dijual di pasar yaitu, ayam organik diklaim lebih sehat karena tidak menggunakan senyawa kimia berbahaya, disinfektan sintetik dan antibiotik buatan.

Ayam organik memiliki daging yang rasanya lebih kurang seperti ayam kampung.  Semakin berat, semakin tebal dagingnya. Setiap ayam organik mengandung omega 3, 6, dan 9 yang baik bagi nutrisi perkembangan balita, anak-anak, dan ibu hamil.

Perbedaan antara ayam organik AK dengan ayam broiler telah dibuktikan dengan hasil laboratorium pengujian Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian di Bogor.
 
Kandang pembibitan terletak di kilometer 16 Kulim, kecamatan Tenayan Raya. Sebelumnya telah ada kandang pembibitan awal ayam organik di sekitar Sialang Bungkuk, Tenayan Raya.

Saat ini, ayam organik banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan enak.  Beberapa jenis makanan seperti baso ayam organik, nugget ayam organik, sosis ayam organik, sate ayam organik, ayam organik goreng, ayam goreng tepung, dan sebagainya.  Jenis-jenis makanan ini banyak dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja, bahkan orang tua.

Masa depan penggiat ayam organik akan cenderung memperbanyak pembibitan anak ayam organik serta pendistribusian ayam organik ke daerah-daerah seperti ke kabupaten.

(nusapos.com/Andra)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...

Kualitas Agama Kunci Cegah HIV AIDS

1 tahun yang lalu 1047
Post
Riau

Poligami? Jangan Asal Mau Saja!

1 tahun yang lalu 823
Post
Nasional
Post
Nasional

Wawancara Khusus: Prabowo Subianto

2 tahun yang lalu 882
Post
Nasional

Indonesia Siap Menghadapi MEA 2016

2 tahun yang lalu 2873