Peran Media Sangat Kontruktif Cegah Radikalisme

Monday, 07 December 2015 | 06:45:26 WIB 1124

PEKANBARU- Keberadaan dari media massa sudah sagat dibutuhkan oleh masyarakat dalam mendapatkan berbagai informasi baik dalam bentuk berita dan sebagainya yang bisa terangkum dari media elektronik, cetak maupun website.  Sehingga keberadaan media itu sangat dituntut profesional sehingga tidak berpengaruh negatif terhadap perilaku masyarakat.

Menurut Dirbinmas Polda Riau, Kombes Pol DR Sugiyono SH MH, media massa bahkan punya peran yang sangat kontruktif tentang penyampaian berita-berita terhadap pencegahan terjadinya radikalisme dan perkembangan organissi-organisasi terlarang di Indonesia. 

"Media itu harus bisa memberikan penjelasan yang sesungguhnya pada masyarakat terhadap radikalisme.  Sehingga masyarakat tahu akan bahayanya dan melakukan pencegahan", jelasnya pada wartawan.

Ditambahkan, dengan informasi yang diberikan media benar, sehingga akan berdampak positif  pada masyarakat karena akan berperan sebagai pencerahan yang membuat masyarakat akan lebih memahami terhadap paham radikalisme bahkan organisasi terlarang yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. 

"Sehingga dengan sendirinya media telah membuat masyarakat tidak terlibat dengan radikalisme dan organisasi terlarang", sebutnya.

Sementara itu dijelaskanya juga, untuk pihak keamanan dalam upaya melakukan pencegahan terhadap paham radikalisme sudah dimulai dari jenjang masyarakat terendah yaitu tingkat RT dan RW sudah ada Babinkantibmas, daerah Teritrial ada Babinsa hingga ke tingkat atas mulai lurah dan Kepala Daerah. 

"Upaya antisipasi dengan melibatkan seluruh komponen mulai dari tingkat bawah hingga atas", tambahnya.(***)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...