Wawancara Khusus dengan Wawako Pekanbaru: IT Smart City

Image
Monday, 07 December 2015 | 01:35:32 WIB 782

PEKANBARU - nusapos.com mengunjungi Rumah Dinas Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si,  pagi kira-kira pukul 08.00 WIB, ketika beliau bersiap-siap untuk berangkat ke agenda acara pagi Senin, ada waktu sejenak sektiar 15 menit untuk wawancara khusus.  Topik yang saat ini menjadi hal yang menarik yaitu IT Smart City di Pekanbaru.

Ayat Cahyadi, S.Si menguraikan perihal IT Smart City, "IT Smart City di Pekanbaru, terkait dengan Sumber Daya Manusia warga ataupun masyarakat kota Pekanbaru.   Warga Pekanbaru saat ini di tahun 2015, diperkirakan sudah hampir 80% memiliki handphone serta jenis smartphone ataupun gadget.  Secara angka, beberapa perusahaan operator kartu telpon seluler, memiliki data akurat yang tepat, berapa pemilik dan pemakai telpon seluler."

Pekanbaru saat ini bersama dengan BUMD Pemerintah Kota Pekanbaru sedang mengusahakan pemasangan dan mulai optimalisasi Fiber Optic (FO), sebagai upaya untuk memenuhi keperluan penggunaan sarana komunikasi terutama Internet serta keperluan lainnya, sebagai salah satu agenda persiapan IT Smart City di Pekanbaru.  

Pada saat ini, Pemerintah Kota Pekanbaru memang sudah memiliki website pekanbaru.go.id sebagai salah satu bagian awal dari pembiasaan penggunaan sarana IT di Pekanbaru, serta di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Ini terus dikembangkan seiring dengan fasilitas-fasilitas pendukung IT Smart City lainnya. Terkait dengan persiapan-persiapan ini, segi infrastruktur, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) mempengaruhi kesiapan alur proses  IT Smart City itu sendiri, karena akan menjadi bagian pelaksanaannya.

Beberapa pihak yang terkait, di Kalangan Generasi Muda Penggiat IT, telah mulai merealisasikan bentuk-bentuk produk IT, dengan pelaksanaan program sebagai berikut"

1. ADMINDUK (Administrasi Kependudukan) program yang dikembangkan untuk mendata kependudukan secara terpadu di tingkat  kota  Pekanbaru
2. Program Pendataan ISPU, program yang dikembangkan untuk mendata tingkat kondisi udara di Pekanbaru dan sekitarnya
3. Program Pendataan Anak-anak Putus Sekolah, program bidang pendidikan ini digunakan untuk mendata secara up date, agar    dapat mengetahui umur dan anak-anak yang putus sekolah di Pekanbaru

Serta masih banyak lagi yang akan diupayakan oleh Penggiat IT di Kalangan Generasi Muda juga pihak-pihak swasta penggiat IT di Pekanbaru.

Penggiat IT di Kalangan Generasi Muda Pekanbaru juga berinisiatif mengikuti ajang HACKATON 2.0  tahun 2015 ini, sebagai cara untuk memanfaatkan waktu serta keahlian di bidang IT.

Persiapan-persiapan Pekanbaru untuk merealisasikan IT Smart City ini tidak terlepas dari kesiapan dan ketanggapan dari masing-masing ASN SKPD ataupun Satuan Kerja di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.  Persiapan-persiapan ini sudah mulai dirasakan tahun 2015 hingga selesai.  IT Smart City sangat didukung oleh kesiapan dari semua personil yang ada pada tiap SKPD Pemerintah Kota Pekanbaru.


(nusapos.com/Andra)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Nasional

Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

1 tahun yang lalu 898

Kualitas Agama Kunci Cegah HIV AIDS

1 tahun yang lalu 1049
Post
Riau

Poligami? Jangan Asal Mau Saja!

1 tahun yang lalu 824
Post
Nasional
Post
Nasional

Wawancara Khusus: Prabowo Subianto

2 tahun yang lalu 884
Post
Nasional

Indonesia Siap Menghadapi MEA 2016

2 tahun yang lalu 2875