Surau TV

Banner

Lestarikan Budaya Zapin, Akhir Januari Zapin Di Tampilkan Di Jalan Raya

Image
Tuesday, 05 January 2016 | 00:15:34 WIB


SELATPANJANG - Budaya Riau seperti zapin harus di lestarikan agar tidak tergerus oleh budaya asing, di meranti penari zapin biasanya di suguhkan di atas panggung. kini penari zapin akan di lakukan di jalan raya akhir januari mendatang, kegiatan ini di gagas oleh sanggar Bathin Galang Kolaborasi dengan Kemas Meranti yang mengusung nama kegiatan "zapin On The Street".

penampilan zapin di jalan raya agar masyarakat Riau Khususnya meranti agar dapat mempertahankan budaya Melayu, dan mengenalkan kepada generasi muda agar budaya ini tidak hilang begitu saja. Tari Zapin ini pertama kali di laksanakan di Jalan Raya.

"Ini pertama kali kita gelar. Semoga dapat support dari banyak pihak," ujar penggiat kesenian di Meranti ini yaitu Presiden Kemas Meranti Berty Asmara

kegiatan yang akan di laksanakan akhir Januari, di adakan di kolam Camat atau Telaga Bening jalan Merdeka Selat Panjang. dan juga di gelar Workshop tentang pengetahuan dalam seni zapin.

dalam persiapannya saat ini pihak sanggar sudah melibatkan beberapa Sanggar yang ada di Meranti.

"Saat ini kami tengah melakukan berbagai persiapan. Kita akan melibatkan beberapa sanggar yang ada di Kota Sagu. Kami ingin buktikan bahwa budaya berzapin ini tidak mati di Meranti," Ungkap Presiden Kemas Meranti.(fr/van)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...