Surau TV

Banner

Kajian Mata Hati Lazismu Pekanbaru: Etika Pinjam Meminjam dalam Islam

Image
Wednesday, 27 January 2016 | 09:50:43 WIB


PEKANBARU - Kajian Mata Hati Lazismu Pekanbaru kali ini menghadirkan ustadz  Yudi Irwan, SE, M.E.Sy.  sebagai narasumber.  Mari kita baca kesimpulan isi tausiyah berikut ini.

Sebagai khalifah fil ard seharusnya menjadi pemerah hak atas bumi serta hasil yang dapat diolah.

Adab berhutang pendapat dari para ulama,  melakukan peminjaman yang paling penting dan sangat urgen.  Segi muamallah antara manusia, menjadi hal yang persoalan yg paling penting dalam perhatian manusia.
Bagaimana hutang piutang dalam Islam, Rasulullah SAW sudah pernah menunjukkan contoh muamallahnya.

zero kemiskinan pada masyarakat sangat tidak mungkin, bukan hanya disebabkan oleh faktor ekonomi masyarakat, juga oleh kebijakan pemerintah.

sebab musabab kita berhutang
1. Faktor belum bisa memprioriotaskan keperluan yang prioritas
   Hadits Rasulullah SAW:  sesungguhnya seseorang yang biasa berhutang, jika  berbicara  berdusta. Disebabkan karena kurang           bersyukur atas rahmat dan rizqi  dari Alloh SWT

Ada orang yang berhutang, memperlambat membayar hutang, menunda, disebut orang yang zholim.  

Hadits Rasululloh  yang diriwayatkan oleh Bukhari, hadits no 289

2. Berhutanglah sama orang yang sholeh, agar tidak terjerat masalah yang beruntun.
Orang yang membebaskan hutang pada orang yang berhutang, pada hari akhir InsyaAlloh, akan diberikan kemudahan oleh Alloh SWT.

Jika saat menagih hutang pada seseorang, janganlah memaksa ataupun menyudutkan seseorang. Bahkan jika bebaskan hutang seseorang, pada hari akhir, InsyaAlloh, akan diberikan kemudahan oleh Alloh Swt.

Dalam etika berhutang saat ini, harus dalam pencatatan ditulis pada kertas semacam kwitansi ataupun tanda bukti, ataupun jika ada saksinya, sangat diperlukan peran saksi.

3. Jangan biasakan diri untuk berhutang untuk hal-hal yang sangat tidak perlu

Yang berhutang memperhatikan kewajibannya membayar, yang piutang sama-sama memperhatikan bertoleransi memudahkan urusan bagi yang berhutang, tetap memperhatikan adab yang baik.

(nusapos.com/Andra)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...