Lahan Perkebunan Terbakar di Sungai Pakning, Kec. Bukit Batu

Image
Saturday, 06 February 2016 | 08:13:20 WIB 1329

BUKITBATU - Puluhan hektar lahan perkebunan sawit masyarakat di Jalan Bandes, Kelurahan Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu, habis terbakar. Kebakaran kebun masyarakat ini telah berlangsung beberapa hari lalu sejak cuaca semakin memanas.
 
Sementara itu upaya memadamkan api terus dilakukan oleh pihak terkait dan pemilik kebun serta masyarakat sekitarnya, namun sampai Jumat (05/02/20916) malam api masih terus menjalar. Pihak BPBD-Damkar juga sudah diturunkan mengantisipasi agar kebakaran tidak terus meluas.
 
"Untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran lahan tersebut, regu pemadam kebakaran dari Damkar Bukit Batu dan juga masyarakat ikut serta untuk memadamkan api. Sampai sekarang api masih menjalar walau sudah tidak sebesar sebelumnya,”ujar Kepala UPT BPBD Damkar Bukit Batu, Dony Hendra, Jumat (05/02/2016) petang.
 
Dikatakannya, tim damkar dan masyarakat  dibantu pihak kepolisian ikut memadamkan api pada lahan yang terbakar. Saat ini kebakaran sudah mencapai puluhan hektar. Kondisi itu dikawatirkan menyebabkan kabut asap di kecamatan Kecamatan Bukit Batu serta merebak ke wilayah lainnya di Kabupaten Bengkalis.
 
Terpisah Camat Bukit Batu M. Fadlul Wajdi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan pada saat musim kemarau. Karena berdampak pada kebakaran lahan dan menyebabkan munculnya  kabut asap yang sangat mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat.
 
“Sudah berkali-kali kita ingatkan kepada masyarakat, pihak perusahaan dan siapapun saja untuk tidak membakar lahan pada musim kemarau ini. Sebab akan berakibat fatal pada lingkungan dan kesehatan,”ingat Fadlul.
 
Sementara Itu, Pj Kepala Desa Pakning, Asal Akmaluddin mengakui memang ada kebakaran lahan  yang cukup luas di desanya. Kebakaran terjadi di jalan Sukajadi Dusun Sukajadi yang merupakan kebun sawit dan karet milik masyarakat.
 
"Kebun sawit masyarakat habis terbakar semuanya. Kita sudah coba untuk mematikan api di kebun kelapa sawit yang terbakar beberapa hari lalu, tapi api masih terus menjalar," papar Akmaluddin yang juga Kasi Trantib Bukit Batu ini.
 
(nusapos.com/Andra/rls)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...

Sunaryo : APBD 2016 Tinggal Pergub

1 tahun yang lalu 907
Post
Riau
Post

APBD Riau 2016 Lolos Verifikasi

1 tahun yang lalu 989
Post
Nasional

Waspadai Stroke di Usia Muda

1 tahun yang lalu 622
Post
Nasional
Post
Nasional