PLTA Kembali Kurangi Pembuangan Air

Image
Wednesday, 10 February 2016 | 07:07:43 WIB 783

Kampar-Setelah sempat membuka lima pintu spill way hingga mencapai ketinggian 2 meter pada Rabu (10/2), Manajemen PLTA Kotopanjang mengumumkan pengurangan pembuangan air pada Selasa siang (10/2). Pengurangan pembuangan air tersebut diperkirakan akan mengakibatkan menurunnya debit air di Sungai Kampar 80 cm hingga 200cm. Berdasarkan informasi yang dihimpun kamparkab.go.id, pada Rabu (10/2), Manager Pusat Listrik PLTA Kotopanjang Bayu T Windriyo tiga kali menerbitkan surat pengumuman yang diedarkan kepada berbagai pihak. 

Edaran pertama disampaikan pada pagi hari Selasa (9/2), yang berisikan bahwa akan ada pengurangan pembuangan air dari Waduk PLTA Kotopanjang ke Sungai Kampar. Diperkirakan pengurangan tersebut akan menurunkan debit air Sungai berkisar 50 sampai 150cm. Selanjutnya, edaran kedua datang lagi pada siang harinya, dimana disebutkan bahwa pada pukul 13.00WIB dilakukan lagi pengurangan bukaan pintu spill way atau pengurangan pembuangan air.

Edaran ketiga disampaikan pada pagi hari, yang berisikan bahwa akan ada pengurangan pembuangan air dari Waduk PLTA Kotopanjang ke Sungai Kampar. Diperkirakan pengurangan tersebut akan menurunkan debit air Sungai berkisar 80 sampai 200cm. Selanjutnya, edaran ketiga datang lagi pada hari ini, dimana disebutkan bahwa pada pukul 09.00WIB dilakukan lagi pengurangan bukaan pintu spill way atau pengurangan pembuangan air.

Edaran atau pengumuman tersebut disampaikan oleh Manajemen PLTA kepada Manajemen Sektor, Polres Kampar, Polsek Bangkinang Barat, Kodim 0313/KPR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar, Dinas Bina Marga Kabupaten Kampar, Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Kepala Badan Perlindungan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Koramil Bangkinang, Radio Swara Kampar, Camat Kuok, dan para kepala desa yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar.(fr/rls)

Pintu Spill Way PLTA Koto Panjang


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...