Upaya Konservasi Tanah dan Air yang Lebih Serius di DAS Siak

Image
Wednesday, 10 February 2016 | 01:53:24 WIB 627

PEKANBARU - Program percepatan penyelamatan DAS Siak seyogyanya dilakukan secara terpadu, tidak hanya terfokus kepada badan Sungai Siak saja, namun juga harus memperhatikan upaya-upaya pelestarian dan atau peningkatan daya dukung daerah tangkapan airnya. Seperti yang disebutkan dalam UU KTA bahwa salah satu tujuan penyelenggaraan KTA adalah untuk meningkatkan daya dukung daerah aliran sungai atau daerah tangkapan air.

Hal ini dilakukan dengan menyelenggarakan metode-metode konservasi tanah yaitu manajemen, vegetatif, agronomi, sipil teknis dan/atau metode lain yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Koordinasi yang intensif antara Kementerian Pupera yang menggawangi pengelolaan sungai, danau dan rawa dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau kementerian atau lembaga lain yang terkait dengan KTA harus ditingkatkan.

Sebuah daerah tangkapan air, karena merupakan sebuah area dengan batas-batas tertentu memiliki berbagai bentuk pemanfaatan dan peruntukan lahan. Maka tidak heran jika konflik kepentingan berkaitan dengan pemanfaatan lahan ini juga terkadang mengemuka di daerah tangkapan air. Dalam hal ini pemerintah baik pusat maupun daerah harus bersikap tegas dan konsisten untuk melindungan kelestarian fungsi sungai, karena manfaat yang diberikan oleh sungai tersebut tidak hanya untuk masyarakat lokal, tetapi menjangkau wilayah yang lebih luas. Masyarakat, khususnya pemilik lahan-lahan pertanian di daerah tangkapan air, juga memegang peranan yang sangat besar dalam melestarikan fungsi sungai. Kesadaran masyakarat akan arti penting konservasi tanah dan air juga harus semakin ditingkatkan.

Semua kita diingatkan pada saat wilayah perkampungan tepi sungai Siak sedang hebat-hebatnya banjir sekitar 5 tahun lalu.  Ada korban jiwa atau tidak, tahun 2016 ini harus ada tindakan antisipatif.  Pengelolaan DAS SIak diharapkan menjadi agenda penting dalam agenda pembangunan yang identik dengan kelestarian lingkungan sekitar Pekanbaru ataupun Riau umumnya.

(nusapos.com/Andra/rls)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
Nasional
Post
Riau
Post
Riau
Post
Nasional
Post
Nasional
Post
Riau

Selamat pada SMP Negeri 9 Pekanbaru

1 tahun yang lalu 1225