Surau TV

Banner

Pengungsi Suriah: Turki Perlakukan Pengungsi Seperti Saudara

Image
Tuesday, 01 March 2016 | 02:45:40 WIB


TURKI - Departemen Kependudukan AS, melalui Kantor Urusan Migrasi dan Pengungsi, pada hari Senin pekan ini memuji Kilis. Kilis merupakan sebuah provinsi di selatan Turki yang dijadikan penampungan bagi pengungsi, dan diajukan sebagai nomintor penerima Nobel oleh seorang anggota parlemen dari Partai Keadilan dan Pembangunan Turki. Demikian lansir World BulletinKamis (25/2/2016).

Pengungsi Suriah mendukung pencalonan provinsi selatan di Turki itu menerima Nobel, dalam perannya membantu lebih dari 100.000 orang yang melarikan diri dari perang di perbatasan.

Sharif Sheik, seorang pengungsi yang tinggal di kamp pengungsi Elbeyli mengatakan kepada Anadolu Agency, bahwa pemerintah Turki dan warga Kilis memperlakukan pengungsi Suriah seperti saudara. Elbeyli sendiri menjadi tempat tinggal bagi 24.000 orang pengungsi.

“Rakyat Turki berbagi roti bahkan rumah tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Kami mendukung pencalonan Kilis untuk menerima penghargaan Nobel, Insya Allah mereka akan menang,” kata Sheikh.

Jumlah pengungsi yang tercatat resmi di Kilis telah membengkak menjadi 127.000 orang, jauh melebihi jumlah penduduk lokal sebanyak 90.000 orang.

Ahmad Zamut, pengungsi yang datang ke Kilis tiga tahun lalu mengatakan, pengungsi Suriah telah membentuk persahabatan yang sangat baik dengan orang-orang lokal dan menerima banyak dukungan.

Farah Reslan, pengungsi lainnya mengatakan bahwa pengungsi Suriah juga telah mencari perlindungan di Yordania, Lebanon dan negara-negara Eropa lainnya, tetapi kami tidak bisa hidup dalam kenyamanan seperti di Turki.

“Warga Kilis tidak meninggalkan kami sendirian, itu sebabnya hadiah harus diberikan kepada mereka. Mereka pantas mendapatkannya,” kata Reslan.

Tercatat Lebih dari 2,6 juta orang pengungsi Suriah tiba di Turki, setelah tindakan keras rezim Bashar al-Assad pada tahun 2011.

(nusapos.com/Andra/rls)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...
Post

Andi Rahman Pimpin Golkar Riau

2 tahun yang lalu