Surau TV

Banner

Ribuan Masyarakat Rohul Shalat Gerhana di Majid Agung

Image
Thursday, 10 March 2016 | 03:17:42 WIB


ROKAN HULU - Meski fonemena gerhana matahari total tidak kelihatan dilangit wilayahnya, sebagai ucapan syukur, karena begitu besar nikmat dan kuasa Allah maha pencipta, ribuan umat muslim di Kabupaten Rokan Hulu Privinsi Riau, Rabu (9/3/2016 pagi menjalankan shalat gerhana matahari di Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasirpengaraian.
 
Pelaksanaan sholad dimulai pada pukul 7 pagi dengan 2 rakaat, empat kali rukuk sebab setiap rokaan dua kali rukuk, seusai dengan tata cara pelaksanaan sholat gerhana berdasarkan fiqh Islam, dilanjutkan dengan khutbah sholat gerhana yang disampaikan Dr H Mustafa Umar Lc MA, Rektor Institut Sains Alquran (ISQ) Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian Kab Rohul.
 
Menurut Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA mengatakam manfaat dari sholat gerhana ini sendiri adalah mengingatkan kita sebagai umat kepada kekuasaan Allah itu sendiri. oleh sebab itu dirinya mengajak masyarakat untuk memperbanyak salawat, dzikir dan bersedekah pada hari ini bersamaan dengan gerhana matahari di Negeri Seribu Suluk
 
Lanjut Ahmad Supardi, "bersyukur pelaksanaan sholat sunah gerhana yang dilaksanakan dua rakaat dengan imam besar masjid agung rohul dapat berjalan lancar,' katanya dan dari pantauan dilapangan, gerhana matahari di Rohul terlihat pada pukul 06.26 wib pagi, yang dipantau langsung dari menara 99 M MAMIC Rohul.
 
Inilah salah satu hikmah dibangunnya menara 99 M pada MAMIC Pasir Pengaraian ini. Kita dapat melihat secara langsung gerhana matahari dari atasnya, untuk memastikan apakah ada gerhana atau tidak di Rohul. Hal ini sangat penting untuk memastikan pelaksanaan sholat gerhana matahari, tandasnya.
 
Dijelaskannya bahwa sholat gerhana matahari dilaksanakan dengan terjadinya gerhana matahari. Jika gerhana matahari tidak terjadi, maka secara otomatis tidak dilaksanakan sholat gerhana matahari. Kalaupun masyarakat sudah siap ungtuk melaksanakannya, tetapi gerhana matahari tidak terjadi, maka tidak disunnahkan untuk melaksanakan sholat gerhana matahari.(fr/rls)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...