Surau TV

Banner

Ops Simpatik, Polantas Tingkatkan Penindakan Guna Menurunkan Tingkat Fatalitas Korban Kecelakaan

Image
Friday, 18 March 2016 | 08:00:42 WIB


PEKANBARU - Jelang berakhirnya pelaksanaan Ops Simpatik 2016 Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru dan unit lantas Polsek jajaran Polresta Pekanbaru akan lebih meningkatkan penindakan guna menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Jika sebelumnya lebih kepada pelanggaran Plat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) kali ini akan lebih ke penindakan yang berdasar tingkatan fatalitas korban laka. Hal tersebut disampaikan oleh Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Zulanda, SIK, Jumat (18/3) pagi di ruang kerjanya.

“Memasuki pekan terakhir pelaksanaan Operasi Simpatik Siak 2016, jika sebelumnya kita fokus kepada penertiban pelanggaran TNKB kali ini kita akan lebih fokus pada pelanggaran yang berdasarkan tingkat fatalitas korban kecelakaan misalnya menerobos lampu Traffic Light, melawan arus, SIM yang sesuai peruntukannya, tidak gunakan Helm SNI, balapan liar, kecepatan kendaraan serta persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan. Hal ini kita lakukan guna meningkatkan keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan serta membangun budaya tertib berlalu lintas”, ucap Kasat Lantas.

Kasat Lantas juga menambahkan bahwa jelang berakhirnya Ops Simpatik akan mengurangi tindakan peneguran dan akan meningkatkan penindakan dengan tilang guna memberi efek jera dan kesan pembiaran.

“Kita juga akan mengurangi penindakan dengan teguran dan meningkatkan penindakan dengan tilang guna menghindari kesan pembiaran dan memberi efek jera kepada pelanggar, karena berdasarkan hasil evaluasi hasil minggu minggu sebelumnya jika hanya diberi teguran sebagian pelanggar atau pengguna jalan yang lain masih ditemukan melakukan pelanggaran yang sama dan kurang meberi efek jera”, tambah Kasat Lantas.

Memang dalam kurun waktu 21 hari pelaksanaan Ops Simpatik Siak 2016 jajaran lalu lintas gencar melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas dan  juga penindakan terhadap pelanggar lalu lintas. Kurangnya kesadaran dari sebagian pengguna jalan akan keselamatan dijalan raya membuat polantas bekerja lebih ekstra dalam melakukan penindakan atau pencegahan agar berkurangnya angka pelanggaran dan juga kecelakaan lalu lintas.

Sampai dengan hari ini (18/3) hasil penindakan Ops Simpatik Polresta Pekanbaru penindakan sebanyak 884 penindakan dengan rincian 560 teguran dan 324 penindakan dengan tilang yang sebagian besar dilakukan pengendara roda dua.   

Sumber         : Kasat Lantas Polresta Pekanbaru

(nusapos.com/Andra/rls)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...