Pangdam I Bukit Barisan: Tugas Kita Bukan Memadamkan Api Tapi Mencegah

Image
Saturday, 26 March 2016 | 03:52:23 WIB 750

PEKANBARU- Pangdam I / Bukit Barisan, Mayjen TNI Lodewyk Pusung meminta perubahan pola penanganan kebakaran hutan dan lahan ( karlahut) di Provinsi Riau bukan lagi pada upaya memadamkan api namun lebih kepada pencegahan.

Perubahan pola penanganan tersebut menurut Pangdam harus disejalankan dengan pemaksimalan struktur organisasi operasi terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.


"Mindset-nya harus dirobah. Jangan memadamkan tapi mencegah. Jadi ketika ada titik api dihajar. Terus seperti itu. Jadi kita sudah siaga sebelum kebakaran menjadi besar," terang Pangdam disela-sela pemaparan konsep penanganan karlahut dimasing-masing Dansub Satgas Karlahut Kabupaten/Kota di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Pangdam meminta pembentukan struktur satgas terpadu harus sampai ke sub sektor yang nantinya akan mengkoordinir hingga ke masyarakat.Pangdam mengatakan, Harus sampai mengkoordinir hingga ke Kecamatan. Jadi semua jelas dan tersusun. Semua harus bisa dievaluasi karena itu jelas siapa nama-nama yang bertugas hingga ke Babinsa dan Babinkamtibmas seterusnya ke masyarakat," terang Pangdam.

Ditambahkan Pangdam, dengan susunan organisasi yang jelas maka semua akan dapat dilaksanakan baik.(fr/rls)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
rohil
Post
bengkalis
Post
Nasional