Surau TV

Banner

Kodim Inhu Bangun Sekat Kanal Untuk Penuhi Kebutuhan Air Mengantisipasi Karlahut

Image
Tuesday, 29 March 2016 | 01:38:04 WIB


RENGAT  - Kodim 0302 Indragiri Hulu bersama sejumlah pihak terkait membangun 12 titik sekat kanal. Ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan pasokan air untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Sekal kanal tersebut tersebar di lima kecamatan yang dinilai rawan karhutla.

“Antisipasi terjadinya karhutla sudah dilakukan dengan membangun sekat kanal di sejumlah wilayah yang dinilai rawan karhutla,” kata Dandim 0302 Inhu, Letkol Inf Edison S Sinabutar.

Dikatakan, pekerjaan pembangunan sekat kanal tersebut dilakukan bersama dengan Polri dan masyarakat. Pertengahan Maret 2016 ini sudah terbangun 12 titik sekat kalan di lima kecamatan.

Di antara lokasi pembangunan sekat kanal yang diharapkan sebagai embung air, di antaranya di Kecamatan Rengat sebanyak empat titik. Keempat sekat itu berada di Desa Sungai Raya dua kanal dan di Desa Rawa Bangun dua sekat kanal. Kemudian di Kecamatan Rengat Barat terdapat satu titik sekat kanal tepatnya di Desa Talang Jerinjing. Selanjutnya di Kecamatan Kuala Cenaku terdapat lima titik, di antaranya di Desa Rawa Asri dua titik dan Desa Tanjung Sari sebanyak tiga titik.  

Di Kecamatan Seberida terdapat satu titik yakni di Desa Payah Rumbai dan di Kecamatan Batang Gangsal sebanyak satu titik di Desa Danau Rambai. “Dengan adanya sekat kanal ini dapat mengatur debit air yang dapat dimanfaatkan untuk kelembaban tanah dan sebagai sumber air untuk pemadaman titik api,” ujar Dandim.

Memang berdasarkan data karhutla, lima kecamatan tersebut memang sering terjadi karhutla. Kendala utama dalam pemadaman adalah minimnya ketersediaan air yang menyebabkan kebakaran menjadi melebar dan berlangsung lama.

Dengan adanya embung air dari sekat kanal yang dibangun, diharapkan dapat tercukupi keperluan air saat terjadinya kebakaran. “Kodim telah melakukan sosialisasi tentang dampak dan sanksi hukum terhadap pelaku karhula,” tukasnya.(fr/rls)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...