Desa Tanah Merah Inhil Bersiap Menjadi Desa Internet

Image
Monday, 04 April 2016 | 07:13:04 WIB 481

TEMBILAHAN - Pemerintah Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah menggelar sosialisasi Sistem Informasi Desa (SID) pada tanggal 29 sampai dengan 31 Maret 2016.

Kegiatan yang digelar di aula kantor desa tersebut diikuti oleh perangkat desa, UPT Puskesmas Desa Tanah Merah, 4 Kadus, 8 Ketua RW,  46 Ketua RT,lintas sektoral diwilayah Desa Tanah Merah.

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka dan ditutup oleh Kepala Desa Tanah Merah, Zulfadli Satar.

Kasi Pemerintahan dan Kaur Perencanaan Desa Tanah merah menjadi koordinator penyelenggara program, kegiatan tersebut dinilai sangat perlu dan sejalan dengan program pemerintahan desa dalam langkah awal untuk mendata kembali kependudukan dan Arsip masuk Desa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai langkah awal untuk membuka wawasan kepada lembaga pemerintahan Desa Tanah Merah (RT/RW) untuk dapat mengenal  tentang manajemen informasi dan kearsipan Desa berbasis komputer dan web.

Dalam penyelenggaraaan sosialisasi SID ini mengacu pada UU No.06 Tahun 2014 tentang desa pada pasal 86 yang mana dalam undang-undang tersebut dijelaskan Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi desa.

Kepala Desa Tanah Merah Zulfadli Satar sangat  mendukung program SID dan berharap kedepan dengan penerapan SID Desa Tanah Merah bisa menjadi Desa mandiri data mulai dari kependudukan, potensi desa, kemiskinan,pemetaan wilayah, serta perencanaan dan keuangan.

Semua ini tidak akan bisa tercapai jika tidak saling bekerja sama, baik pada pemerintahan desa,lintas sektoral kelembagaan dan juga peran serta masyarakat dalam partisifatif," ungkap Zulfadli.

Rasa bangga juga disampaikan kepala desa dimana sebagai pemateri adalah putra asli kampung sendiri dari Tanah Merah. "Kita manfaatkan potensi SDM yang ada guna penunjang pembangunan Desa kedepan menjadi lebih baik," sambungya.

Sosialisasi dipandu oleh Andi Zaidul Khair,S.Kom yang juga perangkat Desa Tanah Merah bidang Kaur Perencanaan. Sosialisasi dilakukan dengan premaparan tentang latar belakang gagasan penerapan  SID di Desa Tanah Merah serta  menampilkan sistem aplikasi  SID dari COMBINE Resource Institution (CRI) kepada  para peserta sosialisasi yang hadir.

Kegiatan sosialisasi ini berhasil mendapat dukungan penyelenggaraan dari banyak pihak, pemerintah desa memberikan dukungan langsung melalui komitmen yang disampaikan oleh Kepala Desa yang hadir untuk membuka acara. Proses pengelolaan program SID dilimpahkan kepada  kepala urusan perencanaan desa Tanah Merah.

Sidol sebagai sapaan akrab Kaur Perencanaan memaparkan acara sosialisasi tersebut nyata membuka wawasan kepada para peserta dari awal sampai akhir sebagai bukti keseriusan dalam penerapan SID di desa dalam menunjang data menuju data base desa yang benar.

Dukungan berikutnya datang dari Puskesmas Desa Tanah Merah yang berkesempatan hadir pada acara sosialisasi tersebut.

Kegiatan ini sangat berkesan dan mendukung penuh dalam penerapan SID di desa Tanah Merah, karena ini juga berkaitan dengan kerja kami di puskesmas untuk mendapatkan data-data kependudukan yang akurat, dari segi kesehatan di wilayah desa Tanah Merah”. tutur ibu Hj.Petty Rismawati,S.Tr.Keb kepala UPT Puskesmas Desa Tanah Merah.(fr/rls)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
Nasional

Mobil Transmisi Manual Jadi Matik

1 tahun yang lalu 433
Post
Adv Pemprov Riau