Surau TV

Banner

Selama 2015 Ada 4.222 Kasus Toberklosis di Riau

Image
Monday, 04 April 2016 | 00:57:04 WIB


PEKANBARU - Kampanye Kesehatan dalam rangka memperingati Hari Toberklosis Sedunia (World TB Day) 2016 yang dipusatkan di Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Minggu (3/4/2016), berlangsung meriah.Ribuan orang terlibat kegiatan yang juga dihadiri Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman tersebut. 

Pantauan lapangan, aksi flashmob dan teaterikal yang dilakukan sekitar 300-an mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Mahasiswa Kesehatan Riau (IPM-KesRi) mampu menyedot perhatian masyarakat.

Meski banyak acara lain yang ditaja instansi dan kelompok masyarakat di di area sekitar Diponegoro dan Gajah Mada, namun aksi mahasiswa IPM-KesRi ini benar-benar menjadi magnit. Kedatangan Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, menambah semarak acara yang dimotori Dinas Kesehatan Provinsi Riau tersebut.

"Kami mengajak masyarakat untuk sama-sama peduli dengan penyakit tuberclosis ini," kata pria yang akrab disapa Bang Andi Rachman ini. 

Kampanye dengan tagline TOSS TB (Temukan, Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis) dilanjutkan dengan penyatuan komitmen ini salam bentuk membubuhkan cap 5 jari diatas kain putih sepanjang 1 km telah digelar di sepanjang Jalan Diponegoro dan Gajah Mada. 

Koordinator acara Rozita mengatakan, maksud acara ini memang untuk menggalang komitmen bersama antara pemerintah, swasta dan pihak terkait lainnya. "Pada kegiatan kali ini kita mengandeng PT Pegadaian Wilayah II Pekanbaru, mahasiswa IPM-KesRi, komunitas Miss Teen dan Mister Indonesia dan komunitas masyarakat," kata wanita yang energik ini. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril, SKM, M.Kes mengatakan bahwa kegiatan mahasiswa ini merupakan kegiatan yang ke empat kalinya dilakukan bersama Dinkes.

Tentu saja kami mengucapkan terimakasih kepada IPM-Kesri dan berharap kegiatan ini dapat dicontoh oleh program-program lain dalam mengerahkan massa dan merangkul anak-anak muda seperti mahasiswa-mahasiswa ini, ini adalah kegiatan positif yang sangat membantu Dinas Kesehatan dalam mensosialisasikan program Dinkes kepada stake holder dan masyarakat.(fr/rls/mcr)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...