Kadisdikbud Riau Buka Apresiasi GTK PAUD DIKMAS 2016

Tuesday, 12 April 2016 | 06:45:05 WIB

PEKANBARU - Bertempat di Grand Ball Room Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Senin (11/4), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Riau Dr H Kamsol membuka secara resmi kegiatan  Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (GTK PAUD dan DIKMAS) tahun 2016.

Kegiatan yang diikuti 108 peserta dari 12 Kabupaten dan Kota se Riau tersebut akan belangsung hingga 13 April 2016 mendatang, dengan melombakan 15 cabanga lomba.

Kadisdikbud Riau dalam sambutanya mengatakan,  kegiatan apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS ini merupakan salah satu kegiatan yang mendukung terwujudnya pendidikan Indonesia khususnya di Provinsi Riau yang berkualitas.

Kamsol menjelaskan, PAUD merupakan masa dimana anak-anak bisa mendapatkan pendidikan awal, yang pada masa itu mereka akan menemukan potensi yang dimiliki.

"Karena itulah, pengelola atau lembaga PAUD yang ada diminta untuk bisa memberikan kurikulum, tidak melebihi apa yang harusnya diajarkan pada masa PAUD," ingat Kamsol.

Sementara untuk DIKMAS, Kamsol menyebut tidak mudah mengajak masyarakat untuk mau menimba ilmu di DIKMAS, karena mereka pada umumnya berusia bisa dikatakan tua, dan sudah susah untuk diberi pengajaran.

Hal itulah sebenarnya menjadi tantangan dari pengelola DIKMAS, untuk bisa melahirkan atau melakukan inovasi-inovasi pembelajaran, hingga yang tidak mau bersekolah itu mau bersekolah.

"Ini menjadi tantangan, karena di Provinsi Riau, jumlah anak-anak yang putus sekolah, buta aksara, dan juga IPK kita juga masih rendah, karena itu, kita berharap kedepan ini bisa lebih baik lagi," pungkasnya.

Khusus untuk kegiatan lomba yang dilaksanakan, Kamsol berharap peserta bisa memperlihatkan kemampuannya dengan menjunjung sportifitas, dan yang perlu ditekankan juga adalah kegiatan ini bukan hanya semata-mata untuk memperoleh prestasi, tapi juga untuk meningkatkan tali silaturrahmi.

Adapun 15 Cabang yang dilombakan adalah Guru KB/TPA/SPS, Pengelola KB/TPA/SPS, Instruktur Kursus Komputer, Instruktur Kursus Tata Kecantikan Rambut, Instruktur Kursus Tata Rias Pengantin, Instruktur Kursus Tata Busana, Pengelola LKP, Pamong Belajar pada SKB, Penilik, Pengelola PKBM, Pengelola TBM, Tutor paket A, Tutor Paket B, Tutor Peket C, Tutor Pendidikan Keaksaraan, Kepala SKB.Masing-masing jura pertama untuk masing-masing cabang lomba akan mewakili Provinsi Riau pada ajang yang sama ditingkat nasional. (fr/rls/mcr)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...