Pucuk Adat Kenegerian Rumbio Optimis Maju di Pilkada Kampar

Monday, 18 April 2016 | 01:02:03 WIB 490

Bangkinang - Bakal calon Bupati Kampar Edi Susanto, SH alias Datuok Anto (DA) yang juga salah seorang ninik mamak di kanagoghian Rumbio menyatakan, bahwa dirinya yakin akan bisa memimpin Kampar dengan mengutamakan nilai-nilai adat agar Kabupaten Kampar menjadi negeri yang beradat.

Datuok Anto yang bergelar datuok godang yakin, jika ninik mamak yang memimpin Kampar itu akan memberikan nilai tersendiri. Adat akan tumbuh dan berkembang pada tempatnya.

“Saya yakin, dengan hadirnya ninik mamak akan memberikan nilai tersendiri pada suatu daerah. Jika pemimpin suatu daerah itu ninik mamak, itu adat akan tumbuh dan berkembang pada tempatnya,” Ujar Datuok Anto saat wawancara beberapa hari yang lalu di ruangan kerjanya.

Ia menilai, pada saat ini di Kabupaten Kampar, yang terjadi adalah sudah banyaknya pergeseran nilai-nilai adat. Oleh karena itu, sebagai salah seorang ninik mamak, Ia merasa terpanggil hatinya untuk mempertahankan adat di Kampar dengan maju pada Pilkada 2017 mendatang.

Ditambah lagi, dirinya mendapat dukungan dari berbagai kalangan, baik masyarakat umum, pemangku adat dan anak kemenakan.“Saat ini kita harus membuat Kabupaten Kampar sebagai negeri yang beradat. Sebagai salah seorang ninik mamak, saya memberanikan diri untuk ikut serta dalam pesta demokrasi kali ini. Yang jelas, niat ini didukung oleh anak kemenakan,” katanya.

Datuok Anto merasa, dirinya sangat diuntungkan dalam Pilkada kali ini. Dirinya yang saat ini selaku Ajudan Bupati selalu turun ke desa-desa.

“Sebagai Ajudan Bupati, saya rasa, saya diuntungkan dengan selalunya saya berhubungan dengan masyarakat. Saya selalu turun ke desa-desa. Buktinya, masyarakat banyak yang respect terhadap baliho saya, baik orang tua maupun kalangan muda. Itu artinya, masyarakat sudah tahu dengan saya,” jelas Ajudan Bupati itu.(fr/rls/mcr)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
Nasional
Post

IKO Siap Adu Program dengan MH dan MM

2 tahun yang lalu 1049