Pelantikan Suparman-Sukiman akhirnya ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan

Image
Tuesday, 19 April 2016 | 00:55:59 WIB

PEKANBARU - Pelantikan Bupati dan Wabup Pelalawan terpilih Harris - Zardewan dan Bupati dan Wabup Rohul terpilih, Suparman-Sukiman akhirnya ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kepastian penundaan pelantikan ini disampaikan langsung Kasubbag Pers Biro Humas Setdaprov Riau, Eriadi Fahmi, Senin (18/4/2016) malam."Ya, pelantikan Bupati dan Wabup Pelalawan dan Rohul terpilih yang rencana awalnya digelar besok di gedung DPRD Riau batal," ungkap Fahmi.

Menurutnya, pembatalan ini sesuai arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang meminta Plt Gubri menunda pelantikan Suparman ( Bupati Rohul terpilih) pasca ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pengesahan APBD Riau.

"Kenapa dua pasangan ini dibatalkan saya kurang tahu, mungki karena pertimbangan dari Mendagri tadi," pungkasnya.

Sementara Kapuspen Mendagri Dodi Riatmadji mengatakan, penundaan pelantikan Suparman setelah Kemendagri berkoordinasi dengan KPK dan KPU.

"Benar pelantikan Suparman di tunda. Putusan ini setelah kordinasi dengan KPK dan KPU. Mendagri tidak keluarkan surat namun karena mendesak via telpon saja," tandasnya.

Sebelumnya, persiapan pelantikan Bupati dan Wabup Pelalawan dan Rokan Hulu diruang rapat paripurna DPRD Riau terus dimatangkan. Aktifitas di gedung wakil rakyat, Senin (17/4/2016) malam tampak ramai dari hari biasanya.

Beberapa petugas dari Protokoler terlihat sibuk membenahi ruang pelantikanYa, malam ini akan digelar gladi bersih pelantikan Bupati dan Wabup terpilih di dua Kabupaten itu. Tampak hadir ditengah kesibukan itu, Bupati Pelalawan terpilih HM Harris dan Wakilnya Zardewan.

Dengan mengenakan kemeja batik coklat HM Harris melihat langsung proses persiapan pelantikan dirinya. Tak sendirian, Harris datang didampingi beberapa pendukungnya yang sengaja datang dari Pelalawan.

Sementara pasangan Bupati dan Wabup Rohul terpilih, Suparman-Sukiman tidak terlihat dilokasi gladi bersih tersebut. Belum tampaknya Suparman-Sukiman ini kemungkinan dampak dari pernyataan Mendagri yang menunda pelantikannya, sampai adanya Gubernur Riau definitif.(fr/rls)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...