Dalam Tahun 2016 di Riau, Sudah Dua Kali Kebakaran di SPBU

Image
Tuesday, 26 April 2016 | 13:00:47 WIB 779

DURI   Sudah dua kali terjadi kebakaran di SPBU di Riau dalam tahun 2016 ini.  Kejadian yang sebenarnya dapat dicegah sebelum terjadi kebakaran, sebenarnya bersumber dari tidak primanya kondisi kendaraan yang sedang mengisi bahan bakar jenis apa pun di SPBU.

Hasil rekaman pantauan di lapangan dari video kamera HP seorang amatir di SPBU Jl. Hang Tuah Duri, dijelaskan sebagai berikut. Kebakaran menghanguskan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Hangtuah, Kota Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (19/4/2016) sekitar pukul 19.00 WIB. Penyebabnya diduga berasal dari sebuah mobil sedan Honda Jazz BM 1822 EX yang sedang melakukan pengisian bahan bakar minyak (bbm) jenis premium.

Informasi yang dirangkum GoRiau.com berdasarkan saksi mata di tempat kejadian perkara, api bermula dari Honda Jazz BM 1822 EX yang dikendarai seorang wanita. Setelah api muncul dari mobil itu, menyambar selang bbm di pompa nomor 7. Lantas, petugas SPBU yang sedang mengisi terkena percikan api.

Sebelum terjadinya ledakan, petugas SPBU yang terluka lebih dulu dilarikan ke rumah sakit terdekat. Lantas, pengemudi Honda Jazz BM 1822 EX yang diduga perempuan, pun lari menyelamat diri. Pengemudi itu pun menghilang entah kemana.

"Api menyambar begitu cepat, seiring dengan suara ledakan di pompa nomor 7 yang sedang mengisi bbm sebuah mobil (Honda Jazz BM 1822 EX, red). Saya pun cepat-cepat menyelamatkan diri," ujar Anto saat menceritakan kronologis kejadian kebakaran di SPBU Hangtuah kepada GoRiau.com.

Api dapat dipadamkan sekitar pukul 19.30 WIB oleh Tim Pemadam Kebakaran Kecamatan Mandau yang lebih dulu tiba. Hanya berselang 10 menit, api dapat dipadamkan. Pendinginan sendiri baru selesai dilakukan dengan bantuan 1 unit Tim Pemadam Kebakaran PT CPI sekitar pukul 20.00 WIB.

Sementara itu Kapolsek Mandau, Kompol Taufiq Hidayat menjelaskan personel Polsek Mandau, masih melakukan olah tempat kejadian perkara (tkp) dan memeriksa sejumlah saksi mata.

"Kita masih menyelidiki apa penyebab terjadinya kebakaran ini. Saya ingatkan, kepada masyarakat yang ingin mengisi bbm, sebaiknya mesin kendaraan dimatikan dan tidak menerima telpon," jelas Kompol Taufiq saat berada di SPBU Jalan Hangtuah yang terbakar.

(nusapos.com/Andra)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
rohul
Post
rohul
bengkalis
Post
bengkalis
Post
Riau
Post
rohul
Post
rohul
Post
Riau
Post
Nasional