SD Juara Pekanbaru Semakin Mengenal Manfaat Bank Sampah

Image
Thursday, 05 May 2016 | 03:13:32 WIB 504

Pekanbaru-Edukasi dan membangun komitmen warga sekolah dalam manajemen sampah perlu ditumbuhkan dalam masyarakat termasuk pada anak-anak. Oleh karena itu delaksanakan sosialisasi bank sampah di SD Juara Pekanbaru, khususnya untuk peserta didik Kelas IV, V dan VI.

Setelah Upacara memeperingati Hari Pendidikan Nasional, pada 2 Mei 2016, rangkaian kegiatan Hardiknas dilanjutkan dengan Sosialisasi Bank Sampah bersama Ibu Syarifah Anum selaku Direktur Bank Sampah Berlian Labuai Pekanbaru. Adapun kegiatan ini merupakan kelanjutan program kerja sama manajemen sampah sesuai MOU Tanggal 15/02/2016. Kegiatan sosialisasi bank sampah ini dimulai pada pukul 09.00 WIB diawali dengan pembukaan oleh Ibu Fitriyah Misdian selaku penanggungjawab Bank Sampah SD Juara Pekanbaru. Acara dilanjutkan dengan arahan dari kepala sekolah.

“Beban bumi semakin berat dalam menanggung beban sampah yang dihasilkan oleh manusia. Oleh karena itu dalam manajamen sampah dikenal istilah 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Nah kita semua harus peduli lingkungan dengan menrapkan 3R tersebut”, ujar Pak Suriksodi Saputro dalam sambutannya.

Ibu Syarifah Anum mengawali sosialisasi dengan sebuah yel-yel menarik yang diajarkan kepada peserta didik, dengan mengucapkan ‘Sampah dahulu masalah, sekarang berkah’. Direktur Bank Sampah Berlian Labuai tersebut memaparkan tentang sampah yang bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis. Beliau menjelaskan jenis-jenis sampah yang bisa ditabung di bank sampah.

Peserta Didik sangat antusias mendengarkan pemaparan dari narasumber dan sangat tertarik untuk memiliki rekening di bank sampah. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik sebagai bukti keingintahuan yang besar dan ketertarikan untuk terlibat dalam menjaga lingkungan. Kegiatan sosialisasi berakhir pada pukul 10.00 WIB, dengan harapan semua warga sekolah memiliki paradigma yang sama dalam mengelola sampah. Semoga mereka menjadi generasi yang berkualitas dan peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup.

“Alhamdulillah, sangat senang. Ternyata banyak sampah yang selama ini dibuang begitu saja oleh masyarakat bernilai ekonomis dan bisa ditabung juga. Saya ingin punya buku tabungan di Bank Sampah juga,” ujar Alifah Dwi Fetinha, Duta Lingkungan SD Juara Pekanbaru.


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...