Mendagri Ikut Donasi Peduli eks Buruh Kebersihan Pekanbaru

Image
Thursday, 30 June 2016 | 01:21:52 WIB


PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo turut memantau gelombang aksi demo para eks pekerja kebersihan Kota Pekanbaru, yang menuntut pembayaran gaji selama dua bulan ke kantor Walikota.

Bahkan, Mendagri turut serta dalam donasi sumbangan peduli eks pekerja kebersihan PT Multi Inti Guna (MIG) selaku rekanan Pemko Pekanbaru yang tak kunjung membayarkan hak pekerjanya.

Melalui gerakan donasi untuk eks pekerja kebersihan yang digalang grup WA Cakaplah, Mendagri merasa terpanggil untuk ikut menyumbang.

"Betul saya ikut donasi untuk eks tenaga bebersihan Kota Pekanbaru yang belum dibayar selama 2 bulan terakhir ini," ujar Tjahjo, melalui pesan WA, Selasa (28/6/2016).

Disinggung mengenai nominal bantuan darinya, Tjahjo enggan menyebutkannya. Meskipun ikut menyumbang dan banyak gerakan sosial membantu para eks buruh migas, Mendagri meminta Walikota Pekanbaru dan perusahaan tidak lari dari tanggungjawab.

"Tanggungjawab pimpinan daerah dan perusahaan bagaimana?," cetusnya.

Terkait adanya desakan agar Mendagri turun tangan dan memanggil Walikota Firdaus yang dinilai lamban dalam menyelesaikan permasalahan ini, Tjahjo menyarankan agar Gubernur Riau berperan aktif.

"Cukup Gubernur saja yg memanggil Walikota Pekanbaru untuk koordinasi menyelesaikan masalah sampah di Kota Pekanbaru ini," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa pekan terakhir aksi demonstrasi para eks buruh kebersihan Kota Pekanbaru menuntut pembayaran gaji terus terjadi hingga kemarin.

Pasalnya, para pekerja hanya mendapatkan janji manis dari Walikota dan pejabat terkait. Sementara eks buruh harus menerima dampak sosial yang mereka alami akibat tak kunjung dibayarkannya gaji mereka.

Mulai dari dari diusir dari kontrakan, menjadi pemulung hingga terancam bercerai dengan istri.

Nasib tragis yang dialami para eks pekerja PT MIG ini, telah memancing gerakan sosial dari berbagai kelompok di Pekanbaru.

Sabtu (25/6/2016) aliansi Mahasiswa Riau yang terdiri dari berbagai perguruan tinggi di Pekanbaru menggalang dana dalam "gerakan pengumpulan koin" untuk pahlawan kebersihan di Pekanbaru.

Mereka mengumpulkan sumbangan dari masyarakat diberbagai titik di Pekanbaru. Hasil sumbangan warga langsung diserahkan mahasiswa kepada eks pekerja PT MIG.

Tak hanya penggalangan koin dari mahasiswa, diberbagai grup media sosial juga melakukan hal serupa. Seperti grup Whatsapp Cakaplah yang salah satu pesertanya adalah Mendagri Tjahjo Kumolo.

Mendapat informasi adanya penggalangan dana, Mendagri menyatakan ikut serta menyumbang dalam gerakan sosial tersebut. (fr/mc riau)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...