Surau TV

Banner

Dewan Aceh Tengah Bentuk Tim Percepatan Pendefinitifan Daerah Pemekaran

Image
Wednesday, 05 April 2017 | 13:55:44 WIB


Komisi A DPRK Aceh Tengah membentuk tim kerja untuk mempercepat pendefinitifan 57 desa dan enam kecamatan yang di mekarkan dari daerah induk beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi A Dprk Aceh Tengah Samsuddin mengatakan pendefinitifan 57 desa dan enam kecamatan telah di tuangkan dalam qanun atau peraturan daerah oleh dewan beberapa waktu lalu.

Informasi terakhir, qanun itu masih berada di pemeritnah provinsi Aceh untuk mendapat rekomendasi gubernur, baru kemudian di lanjutkan ke Depdagri untuk mendapat pengesahan.

“Ini (percepatan pendefinitifan desa-red) kita dorong terus, agar segera mendapat pengesahan dari Depdagri,” kata Syamsuddin dijumpai RRI di ruang kerjanya, Selasa (4/4/2017).

Lebih lanjut Syamsuddin menjelaskan, tim percepatan pendefinitifan daerah pemekaran dianggap penting, agar daerah pemekaran segera di tetapkan dan mendapat Nomor Induk Desa (NIK).

Perihal itu, katanya, agar daerah yang di mekarkan mendapat suntikan dana desa secara mandiri, baik itu dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), APBA dan APBK Aceh Tengah.

Adapun enam kecamatan yang akan di definitifkan meliputi; Kecamatan Pamar yang dimekarkan dari Rusip Antara, berikutnya kecamatan Sepakat dan Kute meLayu yang dimekarkan dari kecamatan Silih Nara, disusul kecamatan Musara yang di mekarkan dari kecamatan Ketol. 

Selanjutnya kecamatan Wieh Ilang yang dimekarkan dari kecamatan Pegasing dan kecamatan Asal Linge yang dimekarkan dari kecamatan Linge.

“Kalau desa keseluruhan ada 57 desa yang akan kita definitifkan,” kata Syamsuddin. (*)

sumber:rri

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...