ADVERTORIAL

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah

Hadiri Tabligh Akbar di Rohul, Gubri: Jadikan Tahun Baru Islam Langkah Introspeksi Diri

Image
Thursday, 21 September 2017 | 23:30:18 WIB 2311

Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah ini, Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Raachman memilih menjalaninya di Kabupaten Rokan Hulu, antara lain dengan menghadiri tabligh akbar menyambut 1 Muharram yang dipusatkan di Masjid Agung Islamic Center Pasirpengaraian, Rabu (20/9/2017).

Ribuan masyarakat tumpah ruah memadati Masjid Agung Islamic Center Pasir Pengaraian kabupaten Rokan Hulu, dalam mengikuti Tabligh Akbar menyambut masuknya tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah tahun 2017 ini. Di bagian lain, sejumlah mahasiswa Rohul memanfaatkan waktu di sela-sela acara untuk menggalang dana kemanusiaan buat membantu umat Muslim etnis Rohingya di Myanmar atau pun Bangladesh yang saat ini membutuhkan uluran tangan. 

Tampak juga hadir Bupati Rohul H Suparman SSos MSi, Wakil Bupati Sukiman, Kepala Dinas, Badan OPD Rohul, segenap unsur Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Rohul Zulkarnain, Sekretaris Daerah Rohul Ir. Damri Harun, para pejabat, pegawai dan honorer di lingkungan Pemkab Rohul. Momentum menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah ini, pengurus MAIC Rohul mengundang penceramah kondang dari ibukota Jakarta, Ahmad Kusyairi Suhail.

Dalam sambutannya, Gubri mengatakan Riau saat ini sedang menggalakkan pembangunan di berbagai bidang, termasuk bidang keagamaan. Apalagi visi Riau 2020 identik dengan Islam tentu akan didukung. "Apalagi Rokan Hulu sudah terkenal dengan Negeri Suluknya, dimana menciptakan sumber daya manusia dalam keagamaan yang luar biasa," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Rohul sudah banyak memberikan kontribusi terhadap perkembangan keagamaan di Provinsi Riau, termasuk tokoh masyarakat, khalifah, mursyid, pondok pesantren dan sekolah tahfiz.

Membahas soal hasil MTQ sebelumnya, Gubri yang akrab dipanggil Andi Rachman ini menilai hasil kurang memuaskan. Diakuinya, pihaknya akan melakukan evaluasi bagaimana Riau dalam mengikuti perlombaan tingkat nasional seperti STQ dan MTQ, bisa lebih mendapat posisi yang lebih baik seperti provinsi tetangga. "Ini akan kita evaluasi dan konsolidasi, supaya lebih baik lagi ke depannya," ungkapnya.

Andi memaparkan, Provinsi Riau sebenarnya punya potensi cukup besar sumber daya manusia di bidang agama, karena didukung oleh jumlah pondok pesantren di Riau yang hampir mencapai 250, dengan jumlah santri dan santriwati sekitar 6.000 orang. Dengan kondisi tersebut , Andi mengajak seluruh masyarakat, bersama-sama dan menggandeng tangan dalam membangun Provinsi Riau lebih baik ke depan.

Terkait tahun baru Islam 1 Muharam, dirinya mengajak masyarakat Rohul untuk berhijrah, dalam artian menjadi diri yang lebih baik lagi ke depan. "Kita berharap, Rohul akan berhijrah, menjadi kabupaten yang lebih baik lagi dan lebih maju lagi, sehingga Rohul bisa bersaing dengan kabupaten-kabupaten yang berada di luar Riau," harapnya.

Andi juga mengajak untuk menjadikan penyambutan tahun baru Islam sebagai momentum untuk  mengevaluasi dan merencanakan untuk lebih baik lagi kedepannya. ''Sesuai dengan hikmah tahun baru Islam ini yaitu hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Tabligh Akbar ini juga sebagai ajang silaturrahmi, semoga tahun baru ini lebih baik dari tahun yang lalu,'' kata mantan Ketua Kadinda Riau itu.

Lebih lanjut dijelaskan Andi, Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen untuk pembangunan pendidikan agama khususnya di Rohul, Riau dalam membangun keagamaan sesuai dengan visi Riau 2020 kebudayaan melayu yang identik dengan islam. Sesuai dengan usulan Bupati Rohul H. Suparman S.Sos M.Si, dikatakan Andi, Pemkab Rohul meminta untuk membangun pendidikan Setingkat SMA untuk tahfiz.

''Akan kita dukung dan rencanakan sebaik mungkin untuk Rohul, apalagi Rohul ini sudah terkenal dengan Negeri Seribu Suluknya, di mana menciptakan SDM keagamaan yang luar biasa dan Rohul juga sudah banyak memberikan kontribusi pengembangan agama islam di Provinsi Riau, baik melalui tokoh masyarakat, khalifah, mursyid dan pondok pesantren,'' kata Andi

Andi menambahkan, Pemrov Riau akan selalu bersinergi dengan Pemkab Rohul dalam peningkatan pembangunan, baik disektor Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan akan ditingkatkan lagi untuk kesejahteraan masyarakat Rohul. ''Pada momen yang baik ini mari bersama menggandengankan tangan, Rohul kedepannya akan terus berkembang, Pemrov Riau akan terus mendorong dan bersinergi dengan Pemkab Rohul untuk perkembangan pembangunan di Rohul,'' kata Andi.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu Suparman mengatakan, kegiatan tabligh akbar merupakan konsep untuk membangun komunikasi dalam rangka silaturrahmi sesama umat, dalam hal ini memberikan dan berbagi ilmu agama pada kondisi dan situasi tertentu, artinya berbagi dan memberi tentang kebaikan dan kebenaran.

''Sesungguhnya upaya membangun persatuan dan kesatuan untuk melakukan komunikasi intelektual, spritual dan sosial anatara sesama sehingga tujuan agama dan tujuan sosial dapat terwujud dengan baik dan syiar islam dapat berdiri kokoh di negeri suluk berpusaka nan hijau,'' kata Suparman.

Lebih lanjut dikatakan Suparman, melalui Tabligh Akbar dalam menyambut tahun baru islam ini hendaknya bisa sebagai menjadikan sarana bagi umat islam untuk muhasabah terhadap langkah dan rencana lebih baik lagi, sekaligus momentum perubahan dan perbaikan menuju kebangkitan.

''Hendaknya kita harus memiliki semangat baru untuk merancang hidup ini lebih baik, diharapkan kita semua bisa mengubah prilaku kehidupan masyarakat yang lebih baik, sikap dengan meningkatkan ketaqwaan, pembaharuan terhadap amal yang kita laksanakan, memperbaiki hubungan sesama msyarakat,'' pinta mantan Ketua DPRD Provinsi Riau itu.


Sumber : Advertorial Pemerintah Provinsi Riau

Laporan : -

Editor : Red


loading...
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau

Gubernur Komit Bangun Desa

1 bulan yang lalu 307
Adv Pemprov Riau
Post
Inhil
dumai
Riau

Pertumbuhan Ekonomi Riau 2,85 Persen

1 bulan yang lalu 290
Post
bengkalis
Post
Adv Bank Riau Kepri
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Bank Riau Kepri

Mahasiswa Diajak Tangkal Radikalisme

1 bulan yang lalu 312
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Bank Riau Kepri