Jembatan Kaca Pertama di Indonesia Dibangun di Kampung Warna-warni

Image
Tuesday, 10 October 2017 | 01:25:47 WIB 402

Malang (nusapos.com)- Wisatawan yang berkunjung ke Kampung Warna-Warni dan Kampung 3D Kota Malang kini lebih mudah. Sebab Pemkot Malang bekerjasama dengan Univeristas Muhammadiyah Malang (UMM) dan perusahaan cat di Malang telah membangun jembatan kaca.

Jembatan yang menghubungkan kedua kampung wisata tersebut diklaim sebagai jembatan kaca yang pertama di Indonesia.

"Keberadaan jembatan ini adalah inspirasi bagi kita, dimana dua kampung di Kelurahan Kesatriyan dan Jodipan ini awalnya kumuh kini menjadi destinasi wisata. Melewati jembatan ini juga menguji adrenalin kita," ujar Walikota Malang M. Anton, usai persemian jembatan kaca Ngalam Indonesia, Senin (9/10/2017).

Selain mendongkrak potensi pariwisata,  keberadaan jembatan ini juga diharapkan mampu berkontribusi pada  peningkatan perekonomian warga setempat. "Ini adalah bentuk dari konsep memajukan ekonomi rakyat, karena itu saya berharap jembatan ini bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan penghasilan masyarakat di dua kampung ini," tuturnya.

Jembatan kaca tersebut memiliki ketinggian 9,5 meter diatas tanah dengan panjang 20 meter dan lebar 1,25 meter. Kapasitas jembatan kaca itu sendiri mampu menampung maksimal 50 orang. Dari segi konstruksi, jembatan dirancang oleh akademisi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan materi bahan yang sudah teruji kekuatannya. 

"Atas pertimbangan itulah, Kementerian PUPR memberikan izin kepada Pemkot Malang untuk melakukan pembangunan jembatan ini," imbuh pria yang kerap disapa Abah Anton ini. 

Namun pihaknya berharap, warga sekitar  bisa menjaga jembatan kaca tersebut dengan cara merawat dan mengikuti berbagai petunjuk yang sudah diberikan oleh para perancang bangunan.

"Seperti misalnya jembatan ini maksimal hanya 50 orang, jangan sampai lebih dari itu yang melintasi sehingga dengan cara tersebut bisa menjaga dan merawat jembatan kaca," tandasnya.


Sumber : rri

Laporan : -

Editor : Red


loading...
Post
Nasional
Post
bengkalis
Post
Internasional
Post
Riau
Post
Nasional
Post
Nasional

Danrem Sebut Riau Masih Aman

1 tahun yang lalu 932
Post
Nasional
Post
Riau

Selamat pada SMP Negeri 9 Pekanbaru

1 tahun yang lalu 1228