Percepatan Pembangunan MRT dan LRT jadi PR Utama Gubernur baru DKI Jakarta

Image
Tuesday, 10 October 2017 | 03:05:47 WIB 426

Jakarta (nusapos.com)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat hanya tinggal hitungan hari. Estafet kepemimpinan di Jakarta akan diteruskan kepada Gubernur terpilih 2017-2021, Anies Baswedan. Namun demikian masih banyak tantangan yang harus diselesaikan oleh Gubernur terpilih, terutama tantangan dalam mengatasi kemacetan.

Menanggapi hal itu, Presidium Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Purnomo menyebut masalah kemacetan belum sepenuhnya diselesaikan oleh Gubernur terdahulu, mulai dari Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama hingga dalam kepengurusan Djarot Saiful Hidayat. 

Untuk itu Purnomo berharap Anies Baswedan dapat mempercepat pembangunan Light Rapid Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT). Sebab kata Purnomo saat ini angkutan transoprtasi di Jakarta belum memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat.

"Pembangunan sudah telat 30 tahun, jadi kita harus kejar, ini penting. Sebelum mengejar, kita harus tau dulu berapa pengguna perjalanan perhari di Jabodetabek. Kita ketahui dalam 1 hari ada sekitar 25 juta perjalanan namun apa, kapasitas angkutan umum yang kita punya yaitu KRL Jabodetabek dan Busway tapi kapasitasnya belum memenuhi," tutur Purnomo dalam perbincangannya bersama RRI di Jakarta, Senin (9/10/2017).

Purnomo menjelaskan kapasitas KRL perhari hanya mampu mengangkut 1 juta, sedangkan untuk transJakarta hanya mampu mengangkut 500 ribu orang tiap harinya.

"Ini kan timpang, hanya sekitar 6 persen dari kebutuhan yang kita punya. Dari 25 juta perjalanan dalam 1 hari ada KRL yang mampu angkut 1 juta saja dan Busway hanya 500 ribu kalau ditotal hanya 1,5 juta," tuturnya.

Purnomo menambahkan pembangunan infrastruktur MRT dan LRT sudah menjadi kebutuhan warga Ibukota. Pembangunan moda transportasi massal ini sudah direncanakan sejak lebih dari seperempat abad silam yaitu sejak pemerintahan Presiden Soeharto.

Pembangunan LRT dan MRT diyakini dapat menampung 2 ribu orang di tiap rangkaian yang terdiri 8 hingga 10 kereta. 


Sumber : rri

Laporan : -

Editor : Red


loading...
Post
Nasional
Post
Internasional
Post
Nasional

Danrem Sebut Riau Masih Aman

1 tahun yang lalu 932
Post
Riau

Selamat pada SMP Negeri 9 Pekanbaru

1 tahun yang lalu 1228