Turki Jajaki Kerjasama Bidang Investasi di Aceh

Image
Saturday, 14 October 2017 | 06:35:05 WIB 458

Banda Aceh (nusapos.com)-Wakil Perdana Menteri (PM) Turki, Fikri Isik dalam kunjungannya ke Aceh, Jumat (13/10/2017) menyampaikan, bahwa Turki tertarik untuk menanamkan modal investasi di Aceh.

Wakil PM Turki menjelaskan, pihaknya akan menggaet sejumlah perusahaan swasta di Turki untuk melirik Aceh sebagai tempat investasi di bidang energi. Hal ini menurut Fikri, telah dibicarakan secara serius dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf saat melakukan lawatan ke Turki bulan lalu.

“Untuk masalah energi kami telah mendengar dari Gubernur Aceh dan dalam hal ini ada beberapa perusahaan Turki yang ingin berinvestasi di Aceh. Kami juga sangat ingin perusahaan Turki berinvestasi di Aceh, dan kami sangat mendukungnya,” kata Fikri.

Wakil PM Turki juga menilai ada banyak hal yang telah dilakukan Gubernur Aceh sehingga dirinya tertarik untuk memikat para investor datang ke Aceh. Dia bahkan akan mendukung 100 persen rencana investasi ini.

“Setelah beberapa pekerjaan yang telah dikerjakan oleh Gubenur, saya pikir peluang investasi akan mudah masuk ke Aceh. Kalau memang nanti ada yang berinvestasi ke Aceh kami dari Pemerintah Turki akan memberi dukungan 100 persen,” tegasnya.

Menurut Fikri, peluang investasi ini akan dibuka se luas-luasnya kepada pihak perusahaan swasta di Turki. Untuk saat ini sudah ada tiga perusahaan yang sudah melirik untuk berinvestasi ke Aceh di bidang energi.

“Kami dari Pemerintah tidak berinvestasi di bidang energi, tetapi pihak swasta. Akan tetapi kami akan mendukung dan mendorong swasta di Turki untuk berinvestasi di Aceh.”

“Aceh dan Indonesia dua negara yang bersahabat, kami akan selalu mendukung berinvestasi di sini. Kami sudah mendiskusikan hal ini dengan Pak Gubernur. Memang ada beberapa perusahaan yang akan berinvestasi di Aceh, kita akan terus berusaha dalam hal ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menjelaskan, Dia telah menandatangai MoU dengan tiga perusahaan Turki untuk menjalin kerjasama di bidang ivestasi.

“Semua ditawarkan peluang investasi, tapi yang sudah ada sambutan dari Turki adalah di bidang energi listrik. Saya sudah meneken kontrak MoU dengan tiga perusahaan Turki. Dua perusahaan di bidang pembangkit tenaga listrik tenaga gas dan satu perusahaan di bidang Geothermal,” jelas Irwandi. 


Sumber : Rri

Laporan : -

Editor : Red


loading...