Wabup Rohul Resmi Launching Lima Aplikasi Baru Diskominfo Rohul

Image
Thursday, 19 October 2017 | 12:45:22 WIB


nusapos.com-Wakil Bupati Rokan Hulu H. Sukiman didampingi Ketua TP PKK Rohul, Plt Kadiskominfo Rohul Sugiyarno SP M.Si, Sekretaris Diskominfo Rohul Gorneng S.Sos M.Si, Kabid PIKP Zulfikri S.Sos, M.Si dan Forkompinda Rohul membuka papan selubung resmi melaunching lima aplikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rohul yakni aplikasi E-RFK, Jelajah Rohul, SiMAYA, Lapor! Pengaduan Maasyarakat, dan E-Government, usai membuka Rohul Expo 2017, Senin (9/10/2017)

Meski baru berdiri lebih kurang 9 (embilan) bulan, namun Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Rokan Hulu (Rohul) mampu membuat terobosan, berinovasi dan berkreasi menuju era digitalisasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan visi misi Bupati Rokan Hulu.

Untuk mewujudkan hal itu, Diskominfo Rohul meluncurkan lima aplikasi baru, seperti LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat), E-RFK (Elektronik-Realisasi Fisik Keuangan), Jelajah Rohul (Informasi Lengkap Rokan Hulu), SiMAYA (Sistem Perkantoran Maya) dan e-Government.

Dalam Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Rohul Ke XVIII ini, Diskominfo Rohul memberikan kado spesial untuk masyarakat dalam menyambut hari jadi Rohul yang berjuluk Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau ini dengan melaunchingkan lima aplikasi baru, yang secara resmi dilaunchingkan oleh Wakil Bupati Rohul H. Sukiman yang ditandai dengan membuka papan selubung lima aplikasi Diskominfo Rohul.

Turut juga didampingi Ketua TP PKK Rohul Hj Oppy Afdayani Suparman S.IP, Plt Kadiskominfo Rohul Sugiyarno SP M.Si, Sekretaris Diskominfo Rohul Gorneng S.Sos M.Si, Kabid PIKP Zulfikri S.Sos M.Si serta para Kabid dan Pegawai Diskominfo Rohul serta Forkompinda usai membuka Rohul Expo 2017, dilapangan Dataran Tinggi Pematang Baih, Pasir Pengaraian, Senin (9/10/2017)

Pada kesempatan itu, Plt Kadiskominfo Rohul Sugiyarno SP M.Si kepada Rokanhulu.com, Senin (9/10/2017) mengatakan peluncuran aplikasi yang di orbitkan Diskominfo Rohul ini untuk mewujudkan Visi dan Misi Bupati Rokan Hulu salah satunya mewujudkan kualitas SDM melalui pelayanan publik good government and clean government.

Sugiyarno menjelaskan, seperti aplikasi Jelajah Rohul merupakan aplikasi layanan publik yang menyajikan City Map bagi wisatawan dan masyarakat umum di Rohul, sehingga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses segala potensi wisata Rohul.

“ baik para wisatawan maupun masyarakat Rohul dapat informasi terkait lokasi kuliner khas Rohul, lokasi objek wisata di Rohul, Hotel dan Penginapan, Seni dan Budaya, Kerajinan khas Riau dan Rohul, lokasi wisata belanja dan pasar serta kantor layanan publik dan fasilitas umum “ jelas mantan Kadishutbun Rohul ini.

Sementara itu untuk apliaksi SiMaya, lebih lanjut dijelaskan Sugiyarno, dirinya berharap kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Pemkab Rohul, seluruh pegawai harus paham dan mampu menjalankan aplikasi SiMaya, karena berfungsi sebagai pengawasan kinerja aparatur dan pelayanan masyarakat.

“ Kami berharap, dengan telah diluncurkan inovasi baru seperti aplikasi SiMaya ini dapat dilaksanakan disetiap OPD. Aplikasi ini sangat penting. Selain lebih efektif dan efisien, juga dapat dijadikan alat pengawasan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya

Sugiyarno menambahkan peluncuran aplikasi itu merupakan babak baru bagi terciptanya pelayanan lebih berkualitas kepada masyarakat dan dunia usaha serta para wisatawan di Rohul melalui pelayanan modern, inovatif, transparan dan lebih interaktif. Karena dengan Penerapan e-Government sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan jaringan elektronik berbasis online.

“ Upaya ini diharapkan akan memberikan dampak positif mendekatkan pelayanan publik sehingga kehadiran pemerintah dapat dirasakan langsung masyarakat dan memberikan kemudahan pelayanan serta efisiensi waktu, begitu juga aplikasi LAPOR dan e-RFK, bermanfaat untuk masyarakat dan Pemkab Rohul “ kata Sugiyarno.

Sumber : diskominfo rohul

Laporan : -

Editor : Red

loading...