Bupati Bengkalis Resmikan Perpustakaan Tuan Guru Haji Ahmad

Image
Monday, 23 October 2017 | 19:53:36 WIB 289

BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Riau, Amril Mukminin membuka pameran Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bengkalis sekaligus meresmikan nama perpustakan Tuan Guru Haji Ahmad di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bengkalis, Senin (23/10/2017).

Nama Tuan Guru Haji Ahmad diabadikan menjadi nama perpustakaan untuk mengenang sejarah perjuangannya, terutama  mensiarkan agama Islam di Negeri Junjungan. Sepantasnya jasa-jasa para pejuang dikenang dan dijadikan motivasi generasi dimasa yang akan datang.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dalam sambutannya mengatakan, pameran perpustakaan merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sebagai wahana untuk menumbuhkan minat masyarakat terutama generasi muda, agar pustaka menjadi salah satu destinasi utama yang bisa membuka wawasan dan pikiran.

“Saat ini minat dan gemar membaca di kalangan masyarakat terutama generasi muda perlahan-lahan mulai memudar. Kondisi seperti ini, tentu menjadi tantangan bagi kita semua untuk membuat terobosan dan inovasi terbaik untuk menumbuhkan minat baca dan budaya baca," ungkap Bupati.

Dengan pameran diharapkan minat baca masyarakat Kabupaten Bengkalis semakin baik sehingga dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Negeri Junjungan.

“Tidak ada kata terlambat untuk membudayakan gemar membaca, untuk itu mari kita pasang niat yang tidak hanya sebagai hobi, tetapi menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, kedepan kami minta pameran buku tidak hanya dilaksanakan setahun sekali namun bisa dilaksanakan 2 atau 3 kali serta dapat dilaksanakan di tiap-tiap kecamatan, agar harapan semua masyarakat Bengkalis berkesempatan untuk mendapatkan fasilitas baca dalam mencari informasi,” ujar Amril.

Bupati menekankan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bengkalis agar bekerjasama dengan dinas terkait agar mencanangkan gerakan serentak pembangunan gedung perpustakaan desa pada se-kabupaten tahun 2018 dan sejalan dengan kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun mendatang, untuk segera melakukan langkah konkrit.

Serahkan Penghargaan

Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan penghargaan kepada duta baca dan sembilan pengunjung terbaik perpustakaan tahun 2017. Penyerahan penghargaan duta baca diberikan kepada Masitoh Kurnia Sari, mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Negeri Bengkalis.

Kemudian Atiqah dan Febrianto, dari STAIN Bengkalis, Fitra Rahmawati, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis, Ade Kurniawan, SMK Negeri 1 Bengkalis, Defthi Ramadhani, MAN Bengkalis, Gilang Rafit Dwinanda dan Faiza Hinda Adira, MTSN Bengkalis, Hauzan Mahdi Ramadhani, SDN 54 Bengkalis sebagai pengunjung terbaik dan Ririn Iquma Adamallah sebagai pengunjung umum terbaik.

Pada kesempatan itu Bupati Bengkalis, mengapresiasi dan mengucapkan taniah kepada sepuluh penerima penghargaan sempena digelar Pameran Perpustakaan dan Arsip 2017.

"Hendaknya prestasi yang diperoleh ini menjadi pemacu dan pemicu bagi seluruh penerima penghargaan di Negeri Junjungan ini, untuk terus menjadi contoh bagi generasi muda khususnya pelajar," pesan Bupati. 


Sumber : MC Riau

Laporan : -

Editor : Red


loading...
Post
Adv Pemprov Riau

Kenduri Melayu Sarana Merawat Budaya

1 bulan yang lalu 382
Post
bengkalis
Post
Jakarta
Post
Sumatra Utara
Post
bengkalis

Festival Colok Bengkalis Memesona

1 tahun yang lalu 513