Surau TV

Banner

Ratusan Personel Keamanan Amankan Demo Tolak Perppu Ormas di DPR

Image
Tuesday, 24 October 2017 | 10:42:27 WIB


Jakarta (nusapos.com)- Ratusan personel keamanan gabungan mulai melakukan persiapan pengamanan aksi demonstrasi yang akan dilakukan oleh massa aksi 2410 di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Aksi 2410 mengusung agenda menolak pengesahan Perppu Ormas dalam rapat paripurna DPR hari ini.

Puluhan kendaraan taktis seperti mobil water cannon, barracuda, dan mobil penerangan ditempatkan tepat di dalam gerbang gedung DPR/MPR. Keberadaan kendaraan itu ditujukan untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan saat aksi berlangsung.

Selain kendaraan, ratusan personel gabungan dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, hingga petugas keamanan DPR ditempatkan di berbagai sisi kawasan Gedung DPR/MPR, khususnya di depan pintu masuk gedung yang menjadi titik utama digelarnya aksi.

Perppu Ormas diterbitkan oleh pemerintah pada 10 Juli 2017 lalu. 

Saat itu, pemerintah melalui Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan HAM Wiranto mengatakan penerbitan Perppu Ormas untuk menjaga NKRI dari kelompok yang menolak dasar negara Pancasila. 

Terbitnya Perppu Ormas langsung diikuti oleh kebijakan pemerintah mencabut badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia. Dasar kebijakan itu, pemerintah menganggap HTI mengusung ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Perppu Ormas seketika menjadi perdebatan. Sebagian kalangan dari lembaga swadaya masyarakat dan kelompok Islam, terutama Alumni 212 mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi. 

Kelompok yang menolak menilai Perppu Ormas mengancam iklim demokrasi di Indonesia.

Sumber : rri

Laporan : -

Editor : Red

loading...