Surau TV

Banner

Ternyata Minum Kopi Bantu Cegah Diabetes Tipe 2

Image
Tuesday, 24 October 2017 | 04:45:40 WIB


Nusapos.com-Penyaki yang banyak diderita oleh orang-orang zaman ini sebagai contoh diabetes. Anda pun harus melakukan pencegahan dengan cara minum kopi hitam salah satunya.

Diabetes tipe 2 jenis penyakit yang kerap dialami penduduk, terutama kalangan orang-orang usia produktif. Banyak orang khawatir dengan penyakit ini karena bakal mengganggu kualitas hidupnya.

Tapi, sebuah studi baru menemukan seseorang yang sering minum kopi tehindar dari risiko diabetes. Ada beberapa fakta yang dirasakan oleh tubuh saat Anda minum kopi.

Ditegaskan dalam studi, kopi mengandung cafestol atau zat bioaktif. Fungsinya dapat membantu menunda timbulnya diabetes tipe-2, karena memperbaiki fungsi sel dan sensitivitas insulin.

Studi ini dilakukan oleh tim ilmuwan di Denmark. Untuk penelitian tersebut, para ilmuwan memilih model tikus yang rentan terkena diabetes.

Ada 47 tikus jantan secara acak dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok perlakuan dan kontrol. Semua tikus diberikan makanan seperti biasa, lalu kelompok lainnya diberikan kopi hitam yang mengandung cafestol.

Studi ini dilakukan selama 10 minggu, kemudian ada sampel darah untuk glukosa puasa, glukagon dan insulin serta jaringan hati, otot dan lemak untuk ekspresi gen dikumpulkan. Setelah intervensi, glukosa plasma puasa 28-30 persen lebih rendah pada kelompok cafestol dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Tikus yang diberikan kopi tidak lebih dari tiga cangkir saat itu bisa terhindar dengan penyakit diabetes. Karena studi tersebut, peneliti yakin dampaknya akan sama dengan manusia.

Tidak hanya minum kopi, Anda juga bisa melakukan pencegahan diabetes dibarengi dengan kebiasaan baik berikut ini. Simak ulasannya, dilansir Boldsky, Senin 23 Oktober 2017.

Menurunkan kadar lemak tubuh

Seseorang yang terlalu banyak memiliki asupan lemak tubuh bisa mengakibatkan diabetes. Nantinya, dalam jangka panjang jug akan memicu obesitas. Karena itu, Anda wajib menghindari risiko diebetes dengan mengurangi makanan berlemak agar berat badan tetap ideal.

Diet seimbang

Sertakan selalu makanan rendah kalori, lemak dan juga gula. Makanan ini membantu menurunkan kadar kolesterol untuk mencegah risiko diabetes. Perbanyaklah makan buah dan sayuran kaya serat, juga banyak-banyaklah minum air putih.

Tidurlah yang nyenyak

Tidur yang nyenyak sangat penting untuk mencegah diabetes. Bila Anda tidak memiliki tidur yang nyenyak di malam hari, tubuh tidak akan dapat mempertahankan tingkat insulin. Dengan demikian, kondisi ini dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Olahraga teratur

Olahraga teratur sangat penting untuk menjaga diabetes. Dengan olahraga, And bisa membakar kalori tubuh dengan maksimal. Setiap pagi hari lakukan jalan kaki, jogging, atau bersepeda selama 30 menit sehari, supaya membantu mencegah diabetes.

Hindari alkohol

Minuman beralkohol mengandung banyak kalori sehingga bisa menyebabkan seseorang menambah berat badan. Kalau sudah demikian, Anda rentan meningkatkan risiko diabetes. Hindari konsumsilah alkohol kapanpun untuk mencegah diabetes secara alami.

Sumber : okezone.com

Laporan : -

Editor : Red

loading...
Post

Wagubri Tutup Riau Expo 2017

1 tahun yang lalu