Di Pekanbaru, Bupati Amril Hadiri Rakor Camat se-Indonesia

Image
Friday, 17 November 2017 | 09:15:52 WIB


PEKANBARU (nusapos.com)- Camat se-Kabupaten Bengkalis mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bersama seluruh Camat se-Indonesia Regional Barat, yang diselenggarakan di Pekanbaru selama tiga hari, terhitung 15 sampai 17 November 2017.

Sedikitnya diikuti 500 camat, dari Pulau Jawa Bagian Barat hingga Sumatera, mengikuti rakornas yang secara resmi di buka Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo ditandai dengan pemukulan gong di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Kamis 16 November 2017.

Sebagai Kepala Daerah, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, yang juga berkesempatan hadir pada pembukaan Rakornas tersebut mengharapkan berbagai informasi, komunikasi dan hasil dari Rakornas ini dapat ditindak lanjuti oleh seluruh camat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan.

"Seperti pesan Mendagri, Camat di Kabupaten Bengkalis juga harus selalu berkoordinasi dengan seluruh elemen yang ada di wilayahnya. Baik dengan unsur kepolisian, TNI maupun tokoh-tokoh masyarakat yang ada di masing-masing kecamatan. Ini salah satu pesan penting yang disampaikan Mendagri," ungkap Amril.

Amril melanjutkan, peran camat sangat penting dalam menjaga stabilitas wilayah, sebagai perpanjangan Kepala Daerah. Untuk itu, koordinasi menjadi sebuah penekanan yang sangat penting dan harus, agar berbagai persoalan yang kompleks saat ini, satu persatu dapat diurai dengan baik.

"Camat maupun seluruh perangkat yang ada di kecamatan harus betul-betul memahami tugas. Selain memberikan pelayanan, diperlukan juga melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap berbagai aspek. Baik dalam segi administrasi maupun dalam persoalan sosial," jelasnya.

Masih kata Amril, dengan tema yang diusung pada Rakornas Camat se-Indonesia ini, yakni ‘Peran Setrategis Camat Sebagai Inovator Pelayanan Publik dan Pembina serta Pengawas Penyelenggaraan Pemerintah Desa’, maka hal itu benar-benar harus dipahami para camat.

“Jangan abaikan. Hari ini kita tidak hanya cukup dengan berbuat baik saja. Tetapi harus pahami aturan hukum yang berlaku, agar perbuatan baik yang kita lakukan tidak menyalahi perundang-undangan yang berlaku,” sebutnya.

Amril juga mengintuksikan camat, untuk selalu berkoordinasi kepada pihak-pihak terkait, baik dalam kelangsungan administrasi maupun pengaruh negatif yang saat ini masih sangat rawan di tengah-masyarakat. Seperti narkoba dan paham-paham yang mengganggu keutuhan negara.

“Kepada camat, kita pesankan ambil ilmu dan informasi yang diberikan oleh berbagai narasumber dalam Rakornas ini. Jangan diabaikan atau merasa sudah tahu semua,” tukasnya.

Turut hadir pada pembukaan Rakornas tersebut, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Ketua DPRD Provinsi Riau, Septina Primawati, Asisten I Setda Provinsi, H Ahmad Syah Harrofie, Bupati Rokan Hilir, Suyatno, Wakil Bupati Siak, Alfendri, sejumlah perwakilan Formopimda Riau serta tamu undangan lainnya.

Sumber : -

Laporan : nikmad

Editor : Red

loading...