Polda Riau Musnahkan 8 Kg Sabu dan Ratusan Ribu Pil Ekstasi

Image
Friday, 17 November 2017 | 20:20:33 WIB 313

PEKANBARU (nusapos.com)- Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau, Kamis (16/11/2017) memusnahkan barang bukti 8 kilogram lebih sabu dan 274.002 butir pil ekstasi dari empat orang tersangka.

Barang bukti yang dimusnahkan tersebut sebagian merupakan hasil tangkapan sejak dua bulan lalu yang dipisah dari 4 laporan polisi dengan tersangka LS, ID, A, RS dan 1 laporan barang bukti tanpa bertuan yang diamankan di Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Sesuai Undang-Undang 35 tahun 2009, 14 hari setelah ditangkap harus segera dimusnahkan," kata Wadir Narkoba Polda Riau, AKBP Andri Sudarmadi.

Andri menjelaskan, tiga dari empat orang tersangka tersebut ditangkap pada bulan Oktober 2017 lalu dengan barang bukti 7,5 kilogram sabu dan ribuan butir pil ekstasi.

Sedangkan satu tersangka lainnya yakni LS ditangkap di Jalan SM Amin, tepatnya di jasa pengiriman barang Indah Kargo Pekanbaru sewaktu hendak menjemput paket tersebut.

"Barang haram dengan berat 1 kg tersebut dibawa dari Dumai menuju ke salah satu wilayah yang ada di Riau dengan menggunakan jasa kargo," ujar Andri.

Hasil penyelidikan, sebelumnya LS juga sempat berhasil melakukan hal yang sama dengan mengirim paket berisikan sabu ketujuannya dengan menggunakan jasa Indah Kargo Pekanbaru.

"Yang kedua berhasil kita gagalkan, berkat kerjasama pihak Indah Kargo dengan kepolisian. Pihak Indah Kargo melaporkan adanya paket mencurigakan yang dikirim dari Dumai," ungkapnya.

Kepada petugas tersangka LS mengaku mendapat upah mulai Rp2,5 juta dan terkadang lebih tergantung jumlah paket yang dikirimnya ketujuan.

"LS ini tidak pernah kenal dengan orang yang menerima barang tersebut, sistem mereka ini terputus-putus dan hanya menggunakan komunikasi melalui handphone," kata Andri lagi.

Pemusnahan barang bukti sabu dilakukan dengan cara mencampur sabu dengan air. Sedangkan pil ekstasi dimusnahkan dengan cara diblender. 

Setelah itu dimasukkan ke dalam ember yang sudah berisi cairan pembersih lantai lalu diaduk dan dibuang ke closet toilet yang ada di Kantor Ditresnarkoba Polda Riau.

Acara pemusnahan ini, selain dari jajaran Polda Riau, juga dihadiri Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau, Kejati Riau, BPOM Pekanbaru dan Pengadilan Negeri Pekanbaru.


Sumber : MC Riau

Laporan : -

Editor : Red


loading...
Post
Nasional
Post
Nasional

KPK Tahan Bupati Nganjuk

1 bulan yang lalu 382
Post
Sumatra Utara
Post
Sumatra Barat
Post
Nasional
Riau

KPK Sosialisasi Bahaya Korupsi

2 bulan yang lalu 373
Post
Riau
Post
Nasional
Post
Nasional
Post
Riau