Musim Penghujan, Masyarakat Inhil Dihimbau Lakukan 3M Plus

Image
Monday, 20 November 2017 | 11:10:46 WIB

TEMBILAHN (nusapos.com)- Memasuki musim penghujan ini, Kepala Bidang (Kabid) penangulangan masalah kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil, dr saut pakpahan menyarankan warga untuk lakukan 3M Plus.

Hal itu dikatakannya agar genangan air di sekitar lokasi kediaman warga terkuras habis. Sebab genangan air menyebabkan perkembang biakan nyamuk lebih cepat.

Ia menekankan, Masyarakat mesti melakukan 3M plus (Membuka, Menguras, Menutup dan Memasang kelambu). Yang dimaksud dengan 3M Plus ialah segala bentuk aktifiras pencegahan seperti Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk menggunakan kelambu saat tidur. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk. Menanam tanaman pengusir nyamuk. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

"Meningkatnya curah hujan yang mengakiatkan pasang naik serta genangan air dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, 3M Plus ini lebih efektif dari pada melakukan foging penyemprotan asap ke rumah-rumah warga," jelas Saut belum lama ini.

Dikatakannya, warga harus berperan aktif untuk mencegah terjadinya DBD,l dengan melakukan 3M Plus tersebut.

"Kalau penyemprotan foging itu bukan jalan keluar untuk memberantas DBD, malah kita mengirim racun. Namun jika di daerah tersebut di temukan lebih dari satu kasus baru di lakukan foging, nah foging ini juga ada aturan mainnya, tidak bisa asal-asal semprot saja," jelas dr Saut.

Lanjutnya, sejauh ini, Dinkes inhil telah melakukan pemberantasan perkembang biakan nyamuk penular DBD tersebut. "Tinggal masyarakatnya lagi, kalau mau jauh dari DBD, segera lakukan 3M Plus," katanya.


Sumber : -

Laporan : nikmad

Editor : Red


loading...
Post
kampar
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Nasional