Surau TV

Banner

Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Bupati Mursini Sosialisasikan Germas

Image
Saturday, 25 November 2017 | 10:05:00 WIB


TELUK KUANTAN (nusapos.com)-- Melalui kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat hidup sehat (Germas) yang ditaja dinas Kesehatan Kuantan Singingi, Jumat (24/11/2017) pagi di ruang Multimedia kantor Bupati Kuansing, Bupati Kuantan Singingi, Mursini mengajak masyarakat Kuansing untuk menerapkan pola hidup sehat.

"Peningkatan kesehatan masyarakat tidak semata-mata menjadi tanggung jawab Pemerintah, tapi perlu partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat,"ujar Bupati saat menyampaikan sambutannya pada acara sosialisasi tersebut.

Dikatakan Bupati, melalui gerakan masyarakat hidup sehat ini diharapkan bisa meningkatkan produktifitas warga masyarakat Kuansing. 

Menurut Bupati, kesehatan merupakan kebutuhan dasar hidup masyarakat. Dewasa ini kesadaran prilaku hidup sehat masyarakat semakin berkurang.
  
Hal ini kata orang nomor satu di Kuansing tersebut, dipengaruhi dari pola konsumsi makanan, pola gaya hidup dan kurang peduli terhadap lingkungan.

"Makanya penyakit infeksi, menular dan tidak menular muncul kembali. Ini masalah serius, karena bisa menurunkan kesejahteraan hidup serta berpengaruh terhadap pembangunan nasional," paparnya.

Bupati  juga menjelaskan Germas merupakan suatu upaya pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dalam rangka meningkatkan aktivitas fisik, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi. 

"Tujuannya agar masyarakat berperilaku hidup sehat untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat," katanya.

Kemudian, masih kata Bupati, gerakan ini juga untuk meningkatkan pencegahan dan deteksi dini penyakit, meningkatkan kualitas lingkungan, dan meningkatkan edukasi hidup sehat. 

"Germas akan memberikan kontribusi sumber daya manusia yang sehat. Sehingga, akan menjadi sumbangan bagi terwujudnya Kuansing  maju dan sejahtera,” kata Bupati.

Menurut Bupati dengan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, makan atau mengkonsumsi sayur dan buah, serta melakukan cek kesehatan secara berkala.

Germas ini harus dilakukan mulai dari individu, kelompok masyarakat, dan sektor terkait. "Kita harus memberikan estafet kepada generasi penerus dengan pendidikan yang baik, gizi yang cukup,'" katanya.

Sementara itu Kepala Dinkes Kabupaten Kuansing dr Reza Tjahyadi menyampaikan, sosialisasi Germas ini bertujuan agar masyarakat Kuansing berperilaku hidup sehat. Dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga setiap hari dan peregangan otot setelah bekerja selama dua jam.

"Biasakan makan sayur dan buah serta tidak merokok. Yang penting lagi, memeriksakan kesehatan secara rutin," katanya.

Untuk itu, pihaknya mengajak warga Kabupaten Kuansing agar selalu menerapkan pola hidup sehat. Pasalnya, pola hidup sehat akan mempengaruhi kesejahteraan hidup masyarakat.

Setelah pembukaan yang dilakukan Bupati Mursini, dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama untuk hidup sehat oleh Bupati, tokoh masyarakat, ulama dan instansi terkait lainnya.

Sumber : mcr

Laporan : -

Editor : Red

loading...