Kejagung Tolak Permohonan Perlindungan Setya Novanto

Image
Saturday, 25 November 2017 | 02:00:59 WIB

Jakarta (nusapos.com)- Ketua DPR RI Setya Novanto melayangkan surat permohonan perlindungan hukum kepada Kejaksanaan Agung atas kasus yang dijalaninya di Komisi Pemberantasan Korupsi KPK. Namun permohonannya ditolak.

Jaksa Agung HM. Prasetyo mengatakan, kejaksaan agung tidak memliki kapasitas dan wewenang untuk memberikan perlindungan hukum terhadap Ketua DPR RI Setya Novanto.

"Bukan wewenang kita ya. Yang menangangi Setnov kan. Memang Setno membuat surat ke Kejaksaan Agung, tapi yang ingin saya sampaikan bahwa Kejaksaan tidak punya kapasitas untuk memberikan perlindungan kepada seseorang yang sedang menjalani proses hukum dan kita tidak bisa mencampuri proses hukum yang sedang dilakukan oleh aparat penegak hukum yang lain," Ungkap HM. Prasetyo. 

Jaksa Agung HM Prasetyo menjelaskan, pihaknya menghormati proses hukum yang dijalani Setya Novanto di Komisi Pemberantasan Korupsi KPK. 

"Kita punya asumsi bahwa mereka punya bukti-bukti ya, jadi kalau meminta perlindungan kepada kejaksaan, sekali lagi kita katakan kita tidak punya kapasitas. Ya kita harapkan semua pihak itu, akan menangani setiap kasus yang diajukan kepadanya dengan objektif, profesional dan  proporsional. Jangan mencederai profesi kita, Jelas Jaksa Agung HM. Prasetyo.

Menurut HM. Prasetyo, siapa pun yang sedang menjalani proses hukum, di suatu lembaga penegakkan hukum sebaiknya taat dan mengikuti prosedur hukum yang berlaku. 

"Kalaupun ada hak-haknya yang dilanggar pada saat proses hukum di suatu lembaga penegakkan hukum, maka yang bersangkutan dapat mengajukan praperadilan'" Pungkas HM. Prasetyo.


Sumber : rri

Laporan : -

Editor : Red


loading...