Surau TV

Banner

Pacu Jalur Kuansing Juara I Kategori Festival Budaya Terpopuler

Image
Monday, 27 November 2017 | 08:45:44 WIB


TELUK KUANTANm (nusapos.com)– Festival Pacu Jalur tradisional Kuantan Singingi dinobatkan sebagai festival pariwisata terpopuler di Indonesia pada ajang Anugrah Pesona Indonesi (API). 

Penyerahan piala API dari Kementrian Pariwisata ini diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Menteri Pariwisata, Ukus Kuswara dan diterima langsung Bupati Kuantan Singingi, Mursini, Sabtu malam (25/11/2017) kemaren di Jakarta.

Ada 15 kategori penerima API pada tahun ini. Setiap kategori tersebut sedikitnya ada 10 daerah atau objek penilaian ikut bersaing memperebutkan peraihan nilai tertinggi. Untuk kategori pariwisata terpopuler dimenangkan oleh pacu jalur dari Kabupaten Kuantan Singingi.

Bupati Kuansing H Mursini atas nama Pemkab Kuansing mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang sudah memberikan dukungan sehingga pacu jalur tradisional Kuansing berhasil meraih persentase polling tertinggi dengan raihan angka mencapai 48, 7 %  sehingga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai festival pariwisata terpopuler di Indonesia ini.

Keberhasilan Pacu Jalur Tradisional Kuansing meraih penghargaan ini tentunya kata bupati disambut dengan ucapan syukur oleh seluruh lapisan masyarakat begitu juga jajaran Pemerintah Kabupaten Kuansing. Karena atas keberhasilan itu telah mengharumkan nama Kuansing dan Riau umumnya di Indonesia.

"Apa lagi slogan kita sekarang adalah pacu jalur menyapa dunia. Tentunya ini langkah awal yang baik untuk mengenalkan lebih luas lagi budaya kita ke daerah lain. Tidak hanya terkenal secara nasional tetapi lebih dari itu dikenal luas ke berbagai mancanegara," ujar Mursini menambahkan.

Kemudian Bupati juga turut menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang sehingga pacu jalur berhasil meraih piala API pada tahun ini.

Acara malam puncak API yang ditayangkan melalui siaran tunda Metro TV pada tanggal 4 Desember 2017 nanti, juga telah disiarkan secara langsung melalui instagram penyelenggara di @apiaward. 

Piala API yang didapat ini sesampainya di Kuansing disambut oleh berbagai elemen masyarakat Kuansing dan para pemangku adat dari perwakilan setiap kecamatan.

Acara penyambutan dimulai dari pintu gerbang Jake kemudian diarak keliling kota Teluk Kuantan dan berakhir di Taman Jalur Teluk Kuantan, Minggu (26/11/2017) sore. 

Acara penyambutan yang dipusatkan di taman jalur ini disemarakkan dengan berbagai hiburan rakyat serta disediakan makanan khas masyarakat Kuansing yaitu konji barayak.

Sumber : mcr

Laporan : -

Editor : Red

loading...