Bappeda Gelar Bimtek Penggunaan Aplikasi E-Planning

Image
Wednesday, 29 November 2017 | 08:00:16 WIB

BANGKINANG (nusapos.com)-Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Aplikasi E-Planning Tahun 2017, untuk penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Kabupaten Kampar.  Bimtek ini dilaksanakan selama tiga hari,  28-30 November 2017, bertempat di aula kantor Bappeda Kabupaten Kampar.

Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kampar yang diwakili Sekretaris Bappeda Kabupaten Kampar Afrizal,  S.Sos, Selasa (28/11). Hadir pada kesempatan tersebut,  Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, Camat,  Kabid LPP Bappeda Kampar M. Fadli Mukhtar,  Kabid dan Kasubbid di lingkup Bappeda Kabupaten Kampar, PPTK kegiatan Yusdiyen Hadinata, S.Si, M.Si, nara sumber dan peserta. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Kampar menyampaikan bahwa perkembangan   Ilmu   Pengetahuan   dan   Teknologi  yang terjadi   dewasa   ini   telah   berdampak   pada  perubahan-perubahan yang mendasar yang membawa  Bangsa Indonesia menuju paradigma baru memasuki era Teknologi Informasi dan Komunikasi   (biasa  disingkat   dengan   TIK).   

TIK   tersebut diarahkan pada ketersediaan jaringan informasi dan data yang menghubungkan   instansi   Pemerintah   dalam   rangka otomatisasi pelayanan umum, dimana pelayanan umum  yang cepat,   profesional,   transparan,   dan   lebih   mudah  merupakan harapan dari seluruh masyarakat. 

Di sampaikan Bupati bahwa dalam   rangka   melaksanakan   amanat  Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014  tentang   Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, maka  pemerintah Kabupaten Kampar melalui Bappeda Kabupaten Kampar melakukan penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan meliputi RPJPD, RPJMD dan RKPD melalui   aplikasi   e-Planning   yang   berlaku   efektif   untuk perencanaan   tahun   2019   mendatang.  "Oleh   sebab   itu diperlukan   upaya   untuk   peningkatan   kemampuan   aparatur khususnya   perencana   OPD   melalui   Bimbingan   Teknis Penggunaan Aplikasi e-Planning Kabupaten Kampar," ujar Bupati. 

Perjalanan Penyusunan Dokumen Perencanaan berbasis elektronik   atau   e-planning   Khususnya   dalam   penyusunan RKPD, bukanlah hal baru di Kabupaten Kampar.   Penggunaan aplikasi e-planning dimulai dari tahun 2014 dengan menggunakan aplikasi ModulMR,  aplikasi ini dipersiapkan untuk penyusunan RKPD tahun 2014. 

Selanjutnya aplikasi tersebut dilakukan pengembangan dan kastemisasi pada tahun 2015 s/s 2017 dengan nama aplikasi RKPD Online.  Pada tahun 2017, aplikasi RKPD Online tersebut dilakukan upgrade yang sebelumnya menggunakan sistem operasi berbasis Windows,  menjadi Aplikasi menggunakan sistem operasi berbasis Linux dan terdapat beberapa perubahan pada menu/fitur sehingga aplikasi berubah nama menjadi aplikasi e-Planning agar bisa menampung seluruh dokumen perencanaan pembangunan daerah. 

Keunggulan aplikasi e-Planning ini berbasis,  online/web application, Security berlapis sehingga keamaanan data terjamin,  disesuaikan dengan regulasi yang berlaku,  kemudahan dalam proses input (user friendly),  Validasi disetiap tahapan proses perencanaan (dilengkapi dengan norma SPI),  terintegrasi dengan SIPKD (Modul Penganggaran),  Mudah dikembangkan untuk kebutuhan Requirement berikutnya. 

"Saya menghimbau kepada seluruh OPD agar berpartisipasi aktif dalam menggunakan aplikasi e-Planning ini agar terwujud peningkatan kualitas dokumen perencanaan pembangunan daerah," ujar Bupati. 

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar yang diwakili Kepala Bidang Litbang,  Perencanaan dan Pengendalian Bappeda Kabupaten Kampar M.  Fadli Mukhtar, SPI,  MSc dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan   penyelenggaraan  Bimbingan   Teknis Penggunaan   Aplikasi   e-Planning  Kabupaten   Kampar Tahun 2017 adalah untuk memberikan pemahaman bagi peserta bimbingan teknis   tentang   alur   perencanaan   pembangunan daerah. Kemudian untuk meningkatkan   kemampuan   aparatur   perencana dalam   menggunakan   aplikasi   e-Planning Kabupaten Kampar. 

Narasumber pada pelaksanaan acara bimtek ini adalah  Ahli   IT   dari   PT.   Raja   Sakti   Telematika sebanyak tiga orang.

Sedangkan Peserta  Bimbingan   Teknis Penggunaan   Aplikasi   e-Planning   Kabupaten Kampar terdiri dari, Kepala   Organisasi  Perangkat   Daerah Kabupaten Kampar,  Para Camat se-Kabupaten Kampar,  Aparatur   Perencana   OPD   se-Kabupaten Kampar dan Aparatur   Perencana   lingkup   Bappeda Kabupaten Kampar.

Hasil yang diharapkan dari bimtek ini adalah  peserta   Bimbingan   Teknis   dapat   memahami dan   menggunakan   aplikasi   e-Planning   Kabupaten Kampar   guna   Penyusunan   Dokumen   Perencanaan Pembangunan Daerah. 

Pada hari pertama ini,  materi disampaikan oleh narasumber Jefry Rama Saputra bersama  Haris Gesa Riwadi dan Andi Suwandi dari PT.  Raja Sakti Telematika yang memaparkan tentang gambaran umum Aplikasi e-Planning. 


Sumber : -

Laporan : Juliardi

Editor : Red


loading...
Post
kampar
Post
kampar
Post
kampar
Post
kampar
Post
kampar