Dukung Pemberantasan Narkoba Riau

Ranperda Penyalahgunaan NAPZA Digarap Dewan

Image
Friday, 15 December 2017 | 19:10:08 WIB

PEKANBARU (nusapos.com)- Ranperda Penanggulangan Penyalahgunaan narkoba atau narkotik, psikotropika, dan zat aditif (NAPZA) merupakan payung hukum yang akan dihasilkan daerah untuk mendukung Pemberantasan Narkoba Riau. Ranperda ini tengah dibahas DPRD Riau melalui pansus Ranperda Penanggulangan Penyalahgunaan Napza DPRD Riau.

Ketua Pansus Ranperda Penanggulangan Penyalahgunaan Napza DPRD Riau Taufik Arrakhman mengungkapkan, perda ini nantinya akan menjadi payung hukum yang mendukung penanggulangan Napza di Riau.

"Sehingga, produk hukum perda ini nantinya akan mendukung penanggulangan dan pemberantasan narkoba di Riau," ungkap Taufik kepada wartawan.

Politisi Gerindra ini menerangkan, pansus juga sudah melakukan hearing bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau dan pengelola tempat hiburan malam yang beroperasional di Pekanbaru untuk memberikan masukan terhadap perda yang tengah digarap DPRD Riau.

Masukan dari BNNP Riau dinilai perlu selaku salah satu pihak berwenang melakukan pemberantasan narkoba. Sementara itu, pihak hiburan malam dinilai sebagai tempat yang sering ditemukan sebagai tempat rawan penyalahgunaan narkoba. Sehingga, antisipasi perlu dilakukan untuk menanggulangi peredaran dan pemberantasan narkoba di Riau.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau mendukung ranperda tersebut. BNNP Riau melalui Kabid Penindakan BNN Riau, Haldun mengungkapkan ranperda ini memperkuat aturan yang sudah ada seperti UU nomor 35 tahun 2009 untuk pemberantasan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di Riau.

Karena dapat memperkuat aturan yang sudah ada untuk dapat memberikan sanksi terhadap pihak penggung dan penyedia tempat atau tempat hiburan yang menyediakan penyalahgunaan narkoba di Riau.


Sumber : -

Laporan : nikmad

Editor : Red


loading...
Post
Pekanbaru