LAM Kecam Pencoretan Baliho Gubernur Riau

Image
Friday, 29 December 2017 | 08:40:56 WIB

PEKANBARU (nusapos.com)- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), mengutuk aksi pencoretan baliho Gubernur Riau yang terus terjadi berulang kali selama tahun 2017 ini. LAM Riau menilai gambar dan tulisan yang dicoret di Baliho Gubernur Riau tersebut telah mencedarai azas sopan santun nilai budaya dan adat Melayu Riau.

Ketua MKA LAMR Al Azhar, mengatakan apapun motif yang dilakukan oleh pelaku tersebut telah melanggar azas kesantunan yang dijunjung tinggi dalam budaya Melayu Riau. Kata-kata dan gambar yang dilakukan oleh pelaku sudah nyata-nyata, dan tidak patut digambar di tanah Melayu.

"Kita dari LAMR, pertama, mengimbau masyarakat untuk menjunjung tinggi nilai kesantunan di bumi Melayu, jangan sekali-kali menabrak itu, apapun tujuannya dan motifnya. Ini sudah mencedarai azas kesantunan yang ada dalam adat Melayu Riau," tegas Al Azhar.

Untuk itu, kata Al Azhar, agar kejadian ini tidak terulang kembali ia meminta kepada aparat penegak hukum untuk menangkap pelaku yang berulang kali melakukan tindakan yang melanggar hukum dan menghina gubernur Riau, yang juga Datuk Sri Setia Amanah gelar adat Melayu Riau.

"Kepada aparat penegak hukum untuk mengusut ini secara tuntas. Apabila sudah mendapatkan baik aktor maupun yang dibelakang itu masyarakat tahu siapa pelakunya. Sekarang ini menimbulkan spekulasi di masyarakat," tegasnya lagi.

Lebih jauh dikatakan Al Azhar, kalaulah coretan tak senonoh itu ditujukan kepada Gubernur Riau yang telah ditabalkan sebagai Datuk Sri Setia Amanah, dan merasa tidak amanah. Lebih baik disampaikan langsung kepada LAM, dan menyampaikan Gubernur tidak amanah.

"Sampaikan ke LAM kalau beliau tak amanah, bukan dengan cara mencoret dengan gambar tak senonoh dan tidak sopan. Kita tahu 2018 eskalasi politik sudah mulai terasa jangan sampai hal seperti ini menyebabkan proses pilgub cacat. Adat-adat dan adab jangan dilanggar dan jangan diinjak injak," kata Al Azhar.

Untuk diketahui, kejadian pencoretan baliho Gubernur Riau selama tahun 2017 ini telah terjadi empat kali. Baliho yang ada di kantor-kantor dinas Pemprov Riau, digambar dengan gambar (maaf) kelamin, gambar hewan dan tulisan tidak senonoh. Dan terakhir baliho yang dicoret terjadi pada hari Rabu (27/12), di Kantor Dispora Riau, Jalan Sutomo.


Sumber : MC Riau

Laporan : -

Editor : Red


loading...
Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Pemprov Riau
Post
Adv Bank Riau Kepri
Post
Pekanbaru
Post
Adv Bank Riau Kepri
Post
Adv Pemprov Riau