Surau TV

Banner

Tiga Tips Cara Hidup Sehat

Gus Ipul : Penyakit Tak Menular Dominasi Penyebab Kematian

Image
Sunday, 31 December 2017 | 14:25:53 WIB


SURABAYA (Nusapos.com)  - Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul memberikan tips cara hidup sehat agar seseorang tidak mudah terserang penyakit menular maupun penyakit tak menular. 

 

"Ada tiga hal yang perlu dilakukan seseorang untuk mencegah agar tidak mudah sakit dan tetap sehat," ujar Gus Ipul saat menghadiri acara Talkshow Deteksi Dini Kanker Payudara di Taman Bungkul, Surabaya, Minggu (31/12) pagi.  

Cara pertama, yaitu rutin berolahraga setiap hari. "Ini ngomongnya enak, tapi ngelakoni angel (melaksanakan yang sulit). Saya termasuk orang yang jarkoni, isok ujar gak isok ngelakoni," kelakar mantan Menteri Percepatan Daerah Tertinggal ini.  

Yang kedua, kata Gus Ipul, mengkonsumsi buah dan sayur. Ketiga, mendeteksi dini dengan periksa rutin setiap enam bulan sekali ke dokter (cek up). "Dengan periksa rutin, maka akan diketahui sejak awal penyakit kita derita," bebernya.

Ia juga mengingatkan masyarakat akan bahayanya penyakit tidak menular. Sebab angka kematian saat ini justru banyak disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti diabetes, stroke dan kanker.

"Didominasi oleh penyakit tak menular. Akibatnya, bila hal ini dibiarkan akan menurunkan daya saing dan derajat kesehatan masyarakat secara umum," jelas Gus Ipul.

Menurutnya, 70 persen penyakit kanker payudara diketahui setelah dalam kondisi sangat parah. Karenanya, dia mengimbau agar masyarakat sering memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

 "Saya memberi apresiasi penuh kepada Perempuan Bangsa Jatim yang turut aktif memberikan penyuluhan dan mau melakukan kegiatan untuk mendeteksi dini kepada ibu-ibu," beber Ketua PBNU ini.

Sementara itu, Ketua DPW Perempuan Bangsa Jatim, Hj Anik Maslachah mengatakan, ada dua jenis penyakit kanker yang berbahaya jika tidak terdeteksi sejak dini. Yaitu, kanker payudara dan kanker serviks.

"Dari data yang ada, banyak orang meninggal karena kanker payudara. Makanya, kita perlu berbagi ilmu, penyebabnya apa dan memberikan pelayanan deteksi dini kanker payudara kepada masyarakat," terang wakil ketua Komisi B DPRD Jatim.  (tis) 

Sumber : -

Laporan : Try

Editor : Red

loading...