Risma dan Kanang digadang-gadang gantikan Anas

Gus Ipul ; Kejutan Politik Injury Time Itu Biasa

Image
Thursday, 04 January 2018 | 22:28:30 WIB


Gus Ipul, ; Kejutan Politik Injury Time Itu Biasa
- Risma dan Kanang digadang-gadang gantikan Anas

SURABAYA (Nusapos.com) - Calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengaku terkejut dengan kabar Abdullah Azwar Anas yang menjadi pasangan Cawagub di Pilgub Jatim 2018 secara tiba-tiba berencana mengundurkan diri jelang masa pendaftaran calon ke KPU Jatim yang tinggal beberapa hari.  

"Saya terkejut, nah sekarang sedang di dalami sejumlah isu dan kita tunggu hasilnya pasti nanti akan diumumkan, " ujar Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf saat dikonfirmasi Kamis (4/1) kemarin. 

Diakui Gus Ipul dalam politik, kejutan seperti ini hal yang biasa. Sebab dulu saat Pilgub Jatim 2008 dirinya juga ketemu dengan Pakde Karwo saat detik-detik terakhir. "Sekarang kami fokus pada rencana kami, apakah nanti akan ganti pasangan dan lain-lain, itu sesuatuu yang biasa-biasa saja," dalihnya.

Begitu juga munculnya sejumlah nama yang sudah dipersiapkan PDIP sebagai pengganti Anas, mantan menteri percepatan daerah tertinggal ini mengaku enggan berspekulasi. "Tunggu 2-3 hari ke depan, pasti ada keputusan. Sekarang saya tak mau berspekulasi, " tegasnya. 

Pembicaraan lewat telepon dengan PKB maupun PDIP, jalan terus. Bahkan mereka juga terus mengikuti perkembangan sambil mendalami sejumlah isu sebelum mengambil keputusan yang terbaik. "Yang jelas, kami telah menyiapkan sejumlah langkah. Tidak ada masalah jika dipasangkan dengan calon yang baru karena saya sudah persiapan sejak lama,"," jelas Gus Ipul.

Di tanya kapan komunikasi terakhir dengan Abdullah Azwar Anas? Dengan diplomatis Gus Ipul menyatakan 
masih terus menjalin komunikasi dengan lewat Whatapps termasuk rencana mengajukan surat pengunduran diri ke DPP PDIP. "Kalau posisnya sekarang dimana, saya tidak tahu tapi dia (Anas) berjanji akan menjelaskan sendiri. Anas ingin ketemu langsung dan menjelaskan terkait isu yang berkembang termasuk rencana pengunduran diri dari pencalonan. Benar atau tidaknya mengundurkan diri, biar Mas Anas nanti yang menjelaskan," ungkapnya.

Ia juga mengaku sudah dipanggil sejumlah kiai sepuh sekitar dua hari lalu untuk dikonfirmasi terkait sejumlah isu yang berkembang. "Tetapi saya tidak bisa menjawab seluruhnya karena yang bisa jawab itu Mas Anas," terang mantan ketum PP GP Ansor ini.

Gus Ipul menambahkan bahwa badai politik atau tsunami politik di inury time itu hal yang biasa. Pasalnya dinamika politik memang cepat berubah. "Saya dulu dengan Pakde Karwo ketemu di Pilgub Jatim 2008 itu juga terjadi pada detik-detik terakhir. Mudah-mudahan saat pendaftaran semua sudah beres," harapnya.

Sumber terpercaya mengatakan bahwa dugaan kuat Abdullah Azwar Anas mengundurkan diri dari pencalonan di Pilgub Jatim karena ada tekanan sejumlah pihak menyangkut kredibilitas moral Bupati Banyuwangi. Dikhawatirkan jika isu tersebut muncul ke publik, suara Gus Ipul bakal terjun bebas bahkan peluang memenangkan Pilgub Jatim kian tipis.

Diantara nama-nama yang santer ditunjuk PDIP sebagai pengganti Anas adalah Tri Rismaharini (Walikota Surabaya) dan Budi Sulistiyono (Kanang) yang menjabat Bupati Ngawi. Namun siapa yang diputus PDIP hingga saat ini belum ada keputusan. (tis)


Sumber : -

Laporan : -

Editor : Try Wahyudi Ary Setyawan


loading...
Post
Inhil
Post
rohil

Rohil Waspadai Difteri

2 minggu yang lalu
Post
Riau

Ayo Olahraga

3 minggu yang lalu
Post
kampar
Post
kampar