Surau TV

Banner

Gus Ipul; Setiap Peristiwa Pasti Ada Hikmahnya

Pelaporan Pencemaran Nama Baik Tergantung Anas

Image
Friday, 05 January 2018 | 20:19:02 WIB


SURABAYA (Nusapos.com) - Kendati PDIP Jatim meyakini bahwa isu yang mendiskreditkan Cawagub Jatim Abdullah Azwar Anas tidak benar. Namun partai pengusung Bupati Banyuwangi di Pilgub Jatim 2018 tak berani melaporkan para pihak yang diduga telah mengunggah foto syur Anas bersama seorang perempuan di media sosial ke pihak berwajib.

"Kalau partai yang melaporkan itu tak memiliki legal standing. Sebab kasus pencemaran dan asusila dalam UU IT itu hanya bisa ditIndaklanjuti jika yang melapor adalah pihak bersangkutan. Kalau yang bersangkutan memberikan surat kuasa kepada partai, baru bisa," jelas Kusnadi Ketua DPD PDIP Jatim saat dikonfirmasi Jumat (5/1) kemarin.

Pertimbangan Kusnadi menganggap kasus tersebut hanyalah isu murahan karena pada Rabu (3/1) malam dirinya bertemua Anas bersama istri di Jakarta saat menghadiri pemberian rekmendasi DPP PDIP kepala sejumlah pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah dari berbagai provinsi.

"Kalau isu yang beredar itu memang benar adanya, tentu Anas dan istrinya akan berusaha mengklarifikasi dan ewuh pakewuh. Tapi saya lihat mereka berdua fine-fine saja," dalih Kusnadi didampingi sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari.

Selain itu, lanjut wakil ketua DPRD Jatim, ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar tak pernah berkomunikasi membahas soal isu tersebut karena dinilai tidak prinsipil. "Dia itu kalau mau merubah jadwal paripurna DPRD Jatim  saja menghubungi saya walau sekedar pemberitahuan. Tapi isu ini tak pernah disinggung sama sekali," ungkap Kusnadi.

Ia justru menilai kasus yang dialami Anas sama dengan yang pernah dialami Ketum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri maupun Presiden Joko Widodo saat Pilpres 2014 lalu diisukan miring lewat media sosial tapi mereka enggan menanggapi. "Kalau kita menanggapi berlebihan berarti termakan isu. PDIP sudah pengalaman dengan hal itu," jelasnya.

Yang menarik, lanjut Kusnadi suami dari perempuan yang diduga ada dalam foto syur bersama Anas, justru membantah bahwa istrinya berbuat seperti itu dengan Anas. "Sekarang ini jamannya sudah canggih bisa saja foto Anas itu bukan asli alias direkayasa. Anas justru kelihatan tanpa beban karena dia memang merasa tidak bersalah. Psikologi manusia justru orang yang berusaha membantah (klarifikasi) itu supaya dia tak dianggap bersalah," terangnya.

Terpisah, Cagub Jatim Saifullah Yusuf menyatakan bahwa dinamika terkini terkait Pilgub Jatim ini adalah sebuah kejadian yang tak terduga, apalagi datangnya hanya beberapa hari menjelang pendaftaran bakal calon. 
Sehingga secara tidak langsung dirinya termasuk pihak yang terkena imbasnya, walaupun sebenarnya tidak tahu menahu dengan apapun yang terjadi.

Kendati demikian dalam menyikapi hal ini, apapun agenda yang menyertainya dan bagaimanapun hasil akhirnya, Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf selalu ingat pesan para ulama agar tetap husnuzhon, selalu tawakal dan selalu ikhlas.  "Setiap kejadian atau peristiwa, saya yakin Allah menyiapkan hikmah buat kita semua. Hikmah yang justru akan menjadi semuanya lebih baik," terangnya.

Terkait pecalonannya di Pilgub Jatim 2018, Gus Ipul juga meyakini bahwa Allah menyiapkan skenario terbaik buat kita semua. "Siapa yang akan mendampingi saya sebagai cawagub, Insya Allah itu juga yang terbaik buat saya, juga buat masyarakat Jatim," dalih ketua PBNU ini. (tis)

Sumber : -

Laporan : -

Editor : Red

loading...