Surau TV

Banner

Polres Rohul Siap Amankan Perhelatan Pilgubri 2018

Image
Sunday, 07 January 2018 | 11:57:44 WIB


ROKAN HULU(nusapos.com)-Kepolisian Resor (Polres) Rokan Hulu (Rohul) siap amankan perhelatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau (Pilgubri) 2018 mendatang. Dalam pengamannan ini, Polres Rohul siagakan sebanyak 344 personil.


Kesiapan ini ditandai dengan digelarnya Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Mantap Praja Muara Takus 2018, Jumat (5/1) lalu, di halaman kantor Bupati Rohul, komplek Bina Praja, Pasir Pengaraian.


Pada Apel tersebut, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto, SIK, MH, bertindak sebagai inspektur Apel. Hadir Asisten 1 Juni Syafri, Forkompinda, Waka Polres Rohul Kompol Setiyawan Eko Prasetya, SIK, para Kabag, Kasat dan perwira lainnya, Ketua KPU Rohul Fahrizal ST,MT ketua Panwaslu Fajrul Islami, 
Kapolres Rohul AKBP Yusup mengatakan, tahun 2018 adalah tahun politik. Dimana, di Provinsi Riau akan digelar suksesi Pemilhan Gubernur 2018.


Untuk itu menjaga adanya tindak pidana maupun pelanggaran Pemilu, seperti kampanye tidak sesuai jadwal, teror, sabotase, intimidasi, penggelembungan suara, serta pengrusakan fasilitas tempat penyimpanan kotak suara, Polres rohul akan memberikan pengamanan maksimal dalam setiap tahapan Pilgubri.


Selain menjaga kondusifitas keamanaan selama tahapan pilgubri, Polres Rohul juga akan mengamankan jalanya pemungutan suara di TPS-TPS yang tersebar di seluruh Kecamatan di Rohul.


Diakui AKBP Yusup, ada 3 pola pengamanan yang akan diterapkan Polres Rohul dalam mengamankan TPS. Pertama pola aman, dimana jenis penagamananya, 2 polisi menjaga 8 TPS,  dibantu 16 Linmas atau 2 polisi 7 TPS dibantu 14 Linmas.


Kemudian pola rawan 1. Dimana dalam pola ini,  2 polisi akan menjaga 4 TPS dibantu 8 Linmas atau 2 polisi menjaga 7 TPS dibantu 6 Linmas. Dan ketiga, pola rawan 2, dimana 2 polisi menjaga 1 TPS dan dibantu 4 linmas.
Dalam amanatnya, AKBP Yusup berpesan kepada seluruh personel Polres Rohul untuk memberikan pelayanan terbaik serta tidak bersikap arogan dalam melayani masyarakat. Anggota Polres Rohul juga diminta untuk bersinergi dengan lintas sektoral.


"Berikan layanan terbaik di semua tahapan Pilgubri jangan bersikaap arogan, dan pelayanan harus tetap secara humanis tapi tidak mengurangi ketegasan,"pinta AKBP Yusup.


Disinggung terkait daerah rawan yang berpotensi menimbulkan konflik dan kecurangan saat Pilgubri 2018 mendatang, Kapolres Rohul AKBP Yusup mengaku saat ini tengah melakukan pendataan.


"Kita akan selalu monitor semua daerah, termasuk daerah rawan, dimana untuk daerah rawan ini kita akan memberikan perhatian khusus dengan menerapkan pola pengamanan baik itu Rawan 1 atau Rawan 2”tutup AKBP Yusup sambil menyebutkan kekuatan pengamanan Pilgubri di wilayah Polres Rohul juga didukung kekuatan  Polda Riau yang siap didatangkan kapan saja jika sewaktu-waktu terjadi gangguan kambtibnas pada saat Pilgubri digelar. 

Sumber : -

Laporan : Sugiyanto

Editor : Red

loading...